Perlu Diketahui, Ini Dia Ciri-ciri Kepribadian Introvert, Apakah Kamu Salah Satunya?

Perlu Diketahui, Ini Dia Ciri-ciri Kepribadian Introvert, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang-orang yang memiliki kepribadian introvert cenderung menyukai kesendirian. -Foto: istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Saat mengidentifikasi kepribadian seseorang, ada beberapa tipe kepribadian seperti introvert dan ekstrovert.

Kedua tipe kepribadian tersebut memainkan peran penting dalam cara kita berinteraksi dan merespons rangsangan yang kita terima. 

Namun, jika membandingkan ciri dan ciri kedua kepribadian ini, muncul sudut pandang yang sangat berbeda, dua sisi saling melengkapi. Di sisi lain, ada kelompok orang yang berkembang paling baik dalam perdamaian.

Sebaliknya, ada pula yang tumbuh bersama orang banyak, mendapat energi dari interaksi sosial, dan kerap menjadi pusat perhatian di berbagai situasi. 

Namun kali ini kita akan fokus pada satu kepribadian yaitu introvert. Berikut ini kami rangkum pengertian, ciri-ciri dan kepribadian introvert.

Hal tersebut dikutip dalam artikel berjudul "Kepribadian Introvert pada Remaja" (2022), Khairun Nisa dan Mirawati dari Universitas Unggulan Potensi, Indonesia.  

BACA JUGA: Bisa bikin kamu betah INI DIA! 3 Spot tempat wisata di kaki gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat

Memahami Introvert   

Introvert merupakan kepribadian yang lebih fokus pada perasaan dan pikiran yang muncul dari dalam diri.

Sudah menjadi persepsi umum di masyarakat bahwa introvert berarti orang yang tidak menyukai kontak sosial dengan orang lain. 

Namun anggapan tersebut tidak selalu benar. Faktanya, orang dengan kepribadian introvert tetap bisa berkomunikasi meski terkesan pemalu.

Orang dengan sifat introvert lebih nyaman berada dalam situasi tenang, menghabiskan waktu sendirian, dan melakukan aktivitas yang memungkinkan mereka merefleksikan atau memperdalam pemikirannya.

Kebanyakan dari mereka menemukan energi dan pemulihan dalam ruang pribadi dan mungkin merasa lelah atau jengkel karena interaksi sosial yang intens.    

Anda memiliki kecerdasan emosional yang baik. Introvert sering kali dipandang sebagai orang yang tidak suka dan kurang berkomunikasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: