Candi Bentar Goa Sunyaragi Dibangun Abad 17, Di Sumber 2 Bulan Diresmikan Ambruk

Candi Bentar Goa Sunyaragi Dibangun Abad 17, Di Sumber 2 Bulan Diresmikan Ambruk

Candi bentar yang ada di Goa Sunyaragi Cirebon, dibangun sejak abad 17 masehi.-Tangkapan Layar Video-Youtube

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kontras, gapura Candi Bentar di alun-alun Taman Pataraksa, ambruk. Di tempat lain, ada yang masih berdiri, bahkan dibangun pada abad 17.

Candi Bentar yang ada di Taman Air Goa Sunyari Cirebon, dibangun pada abad 17, hingga kini masih kuat berdiri.

Berdasarkan catatan berbagai sumber, terdapat dua versi sejarah berdirinya Gua Sunyaragi yang terletak di Jl ByPass Kota Cirebon.

Pertama, berita lisan tentang sejarah Gua Sunyaragi disampaikan secara turun-temurun oleh para bangsawan Cirebon. Versi ini disebut Carub Kanda (Cireta Cirebon).

BACA JUGA:Tambah Berat Badan Anda Dengan Cara yang Sehat, Ikuti Dengan 3 Langkah Ini

Versi kedua adalah versi Caruban Nagari (Negara Cirebon) berdasarkan buku Purwaka Caruban Nagari tulisan tangan Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon pada 1720.

Karena tertulis, versi sejarah Gua Sunyaragi dalam Caruban Nagari digunakan sebagai acuan para pemandu wisata gua Sunyaragi.

Menurut versi ini, Gua Sunyaragi didirikan pada 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen, cicit Sunan Gunung Jati. 

Sejak pertama kali dibangun tersebut, Kompleks Sunyaragi beberapa kali mengalami perombakan dan perbaikan selama berdiri

BACA JUGA:Bupati Imron Dukung Kejaksaan Selidiki Kasus Gapura Taman Pataraksa Ambruk

Menurut Caruban Kandha dan beberapa catatan dari Keraton Kasepuhan, Tamansari dibangun karena Pesanggrahan Giri Nur Sapta Rengga berubah fungsi menjadi tempat permakaman raja-raja Cirebon, yang sekarang dikenal sebagai Astana Gunung Jati.

Hal itu terjadi karena perluasan Keraton Pakungwati (sekarang Keraton Kasepuhan Cirebon) pada 1529 Masehi dengan pembangunan tembok keliling keraton, Siti Inggil, dan lain-lain.

Sebagai data pembandingan, Siti Inggil dibangun dengan ditandai candrasengkala Benteng Tinataan Bata pada 1529 Masehi.

Di Gua Sunyaragi terdapat Taman Candrasengkala yang dibangun pada 1529. Di kedua tempat itu juga terdapat persamaan, yakni terdapat gapura Candi Bentar yang sama besar bentuk dan penggarapannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: