Candi Bentar Goa Sunyaragi Dibangun Abad 17, Di Sumber 2 Bulan Diresmikan Ambruk

Candi Bentar Goa Sunyaragi Dibangun Abad 17, Di Sumber 2 Bulan Diresmikan Ambruk

Candi bentar yang ada di Goa Sunyaragi Cirebon, dibangun sejak abad 17 masehi.-Tangkapan Layar Video-Youtube

BACA JUGA:Sepeda Motor Pakai Knalpot Brong? Siap-Siap Ditindak Polres Majalengka

“Selain itu (seharusnya) juga menampilkan arsitektur yang sarat dengan nilai kearifan lokal Cirebonan sebagai tanah karomah para wali,” tambahnya.

Seperti diketahui, sejumlah tokoh pegiat budaya Cirebon menyesalkan kejadian ambruknya Gapura di Taman Pataraksa Sumber pada Selasa 2 Januari 2024 lalu.

Padahal, gapura Candi Bentar dan alun-alun Taman Pataraksa itu baru diresmikan Bupati Cirebon, H Imron pada 10 November 2023 atau 2 bulan lalu.

Kejadian ambruknya candi bentar tersebut, turut disesalkan Bupati Cirebon. Dirinya mendukung Kejaksaan Negeri Sumber melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

BACA JUGA:Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023: Komitmen BRI Berdayakan Desa Untuk Lebih Kuat dan Hebat

Menurut Imron, jika memang ditemukan fakta bahwa proses pengerjaan Gapura Taman Pataraksa tidak sesuai dengan ketentuan, maka sudah masuk ranah hukum.

"Silahkan pihak Kejaksaan untuk melakukan penyelidikan. Kalau pengerjaannya tidak sesuai ya itu sudah ranah hukum," ungkapnya.

Imron mengaku pihaknya sudah memanggil kontraktor terkait ambruknya gapura Taman Pataraksa.

"Kemarin kami sudah panggil kontraktor yang mengerjakan proyek gapura itu, dan mereka mengaku siap untuk membuat gapura yang baru," ujarnya.

BACA JUGA:Pelatih Libya Bongkar Kelemahan Timnas Indonesia, Jadi PR Shin-Tae-yong

Dikatakan H Imron, gapura Taman Pataraksa harus dibuat yang baru. Tidak hanya gapura, Imron menyebut sejumlah ornamen lain yang tidak layak di Taman Pataraksa.

"Bahkan, gapura satunya yang engga ambruk juga harus diganti. Ubin-ubin yang rusak di Taman Pataraksa juga harus diganti dengan yang baru," tandas Imron. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: