Cara Merawat Tanaman Hias Monstera agar Tumbuh dengan Baik; Apakah Perlu Disiram Setiap Hari?

Cara Merawat Tanaman Hias Monstera agar Tumbuh dengan Baik; Apakah Perlu Disiram Setiap Hari?

Tanaman hias Monstera perawatannya sangat sederhana, termasuk penyiraman yang hanya sekali dalam seminggu.-Foto: Yuda Sanjaya.-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Jika Anda sudah membeli tanaman hias Monstera, selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah cara merawatnya agar Monstera tumbuh dengan baik di rumah. Karena dengan begitu Anda tahu apakah tanaman Monstera perlu disiram setiap hari. 

Ada beberapa tips merawat tanaman Monstera agar tidak layu. Anda dapat menyimak ulasan ini dan menerapkannya di rumah.

Cara Merawat Tanaman Hias Monstera agar Tumbuh dengan Baik

1. Selalu Cek Kondisi Tanah

Langkah pertama dalam merawat tanaman Monstera agar Anda mendapatkan pertumbuhan tanaman sesuai keinginan adalah dengan selalu mengecek kondisi tanah yang digunakan. Hal ini tentunya sangat penting karena Anda akan mengetahui apakah tanah yang digunakan untuk menabur benih dan bibit tanaman memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan dan air yang cukup. 

Anda dapat menggunakan beberapa campuran tanah untuk menjaga kelembapan udara, kelembapan akar dan mencegah busuknya akar Monstera, seperti perlit atau verkulit dan lumut gambut. Jika Anda melakukan pengukuran, gunakan setengah perlit dan setengah gambut.

BACA JUGA: Polresta Cirebon Lakukan Pergantian Kasat Reskrim

2. Siram Monstera Seminggu Sekali

Langkah kedua dalam perawatan tanaman Monstera adalah memperhatikan jumlah air. Seperti halnya tanaman hias lainnya, pastikan Anda tidak menyiram monstera terlalu sering atau terlalu jarang. Penyiraman yang benar adalah seminggu sekali atau saat tanah di pot Monstera sudah cukup kering.

Lalu jangan lupa menyiram Monstera pada sore hari, karena dengan begitu tanah dapat menyerap air dengan baik. Tanaman hias ini juga harus disimpan di lingkungan yang cukup lembab agar tidak tumbuh berlebihan.

Jangan lupa memotong batang atau daun Monstera untuk memangkas tanaman. Sehingga pertumbuhannya tidak berlebihan dan tampilannya terlihat estetis. 

3. Selalu Membersihkan Gulma

BACA JUGA: 5 Cara Setting Spray yang Bikin Makeup Wanita Karier Tahan Lebih Lama

Selain itu, cara merawat tanaman Monstera lainnya adalah dengan memperhatikan kondisi sekitar tanaman. Bagi pemula yang baru mulai menanam tanaman hias, penting untuk memperhatikan fakta bahwa selalu ada gulma di sekitar Monstera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: