Seleksi PPPK 2024, 1,6 Juta Formasi untuk Honorer, Prioritas untuk Instansi Daerah

Seleksi PPPK 2024, 1,6 Juta Formasi untuk Honorer, Prioritas untuk Instansi Daerah

Seleksi PPPK 2024, pemerintah pusat telah menyediakan 1,6 juta formasi untuk honorer. Foto ilustrasi:-Jpnn.com-

RADARCIREBON.COM - Untuk seleksi PPPK 2024, pemerintah pusat telah menyiapkan formasi sebanyak 1,6 juta untuk honorer.

Hal itu dijelaskan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas.

Seperti dijelaskan Menteri Anas, bahwa pemerintah menyiapkan 1,6 juta formasi PPPK 2024 untuk guru, dosen, teknis, tenaga kesehatan.

Lebih lanjut, Anas menjelaskan bahwa dari total formasi tersebut, pemerintah daerah mendapat porsi lebih besar dari pusat. Yaitu, sebanyak 1,3 jutaan formasi untuk instansi daerah, sisanya untuk pusat. 

BACA JUGA:Seleksi PPPK 2024, Formasi Honorer Tendik Ternyata Tergantung Pemda Masing-masing, Berikut Ini Penjelasannya

Menurtu dia, pembagian tersebut ada tujuannya. Formasi PPPK 2024 untuk instansi daerah mendapat porsi lebih besar demim menuntaskan masalah honorer yang ditenggat sampai 31 Desember 2024.

Pemda Provinsi yang menyambut baik kebijakan pemerintah pusat tersebut salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Untuk diketahui, Pemprov Sulses mengakomodasi honorer K2 dan non-K2 pada seleksi PPPK 2024. 

Dijelaskan oleh Sekretaris daerah Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, bahwa pihaknya punya komitmen besar untuk menyelesaikan permasalahan honorer.

Andi sendiri yang menjadi ketua pelaksana seleksi daerah CASN 2024. Menurutnya, menuntaskan masalah honorer di tahun ini sangatlah penting.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Untuk Lulusan SMA, Ada Kuota Banyak dari Pusat sampai Daerah

Dia menambahkan, bahwa yang paling prioritas di Susel adalah honorer K2. Di samping itu, Pemprov Sulsel sudah menentukan kuota, yaitu 100 persen untuk honorer K2 dan non-K2. 

"Kami akan menyelesaikan honorer K2 khususnya dan non-K2 umumnya dalam pengangkatan PPPK 2024," ujar Andi Arsjad dilansir dari JPNN, Minggu 28 Januari 2024.

Andi Arsjad menambahkan, bahwa keseriusan Pemprov Sulses ditunjukan dengan komitmen bahwa formasi PPPK 2024 seluruhnya akan diperuntukan bagi honorer.  

Nah, bagaimana dengan pelamar umum. Menurutnya masih bisa mengajukan lamaran tapi harus lewat jalur umum seleksi CPNS 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: