Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Sakit Pada Bagian Ulu Hati

Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Sakit Pada Bagian Ulu Hati

Ulu Hati-Foto : enesis.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Sering merasakan sakit yang membakar di dada atau di belakang tulang dada? Bisa jadi kamu mengalami nyeri ulu hati atau heartburn.

Sebenarnya, rasa sakit itu tidak terjadi di dada, tapi di kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mengalir melewati jantung.

Nyeri ulu hati bisa jadi lebih parah ketika pengidapnya berbaring, membungkuk, telat makan, atau memakan makanan yang asam atau pedas. Rasa sakitnya bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. 

Meskipun ini bukan kondisi yang mengkhawatirkan, nyeri ulu hati bisa sangat mengganggu rutinitas sehari-hari. Nah, ada beberapa kebiasaan yang perlu dihindari untuk mencegah terjadinya kondisi ini. 

Beberapa Kebiasaan yang Bisa Memicu Sakit pada Bagian Ulu Hati

Jika kamu mengidap nyeri ulu hati, yuk simak ulasan tentang kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang sebaiknya dihindari agar nyeri ulu hati tidak kambuh. 

1. Makan dengan Porsi yang berlebihan

Ketika kamu makan berlebihan, proses pencernaan makanan pun bisa melambat. Ini bisa mengakibatkan sfingter esofagus bagian bawah, otot yang mencegah asam lambung bergerak ke arah yang salah, tertekan. Peningkatan tekanan inilah yang akan menyebabkan nyeri ulu hati.

Biasakan dirimu untuk makan dalam porsi kecil yang cukup. Daripada makan tiga kali dalam porsi yang besar, cobalah makan enam kali dengan porsi yang kecil. Ini akan menjaga perutmu agar tidak terlalu kenyang dan mencegah produksi asam lambung yang berlebihan. 

2. Kebiasaan makan yang buruk 

Makan terlalu cepat bisa membuat sistem pencernaan sulit berfungsi dengan baik. Sebab, makanan tidak terkunyah sampai halus dan membuat perut harus bekerja extra untuk menghancurkan makanan. Jika sudah begini, potensi untuk terkena nyeri ulu hati jadi lebih tinggi.  

Selain itu, langsung berbaring setelah makan juga bisa menyebabkan nyeri ulu hati. Sebab, ketika kita berbaring sehabis makan, asam lambung bisa lebih mudah naik ke esophagus. Sebaiknya, tunggulah sekitar 2-3 jam sebelum ingin berbaring.

3. Minum alkohol

Alkohol menyebabkan peningkatan asam di perut. Jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, nyeri ulu hati akan mudah datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: