Cegah Stunting dengan Konsumsi Susu Segar untuk Anak Usia 6 Bulan Hingga 2 Tahun

Cegah Stunting dengan Konsumsi Susu Segar untuk Anak Usia 6 Bulan Hingga 2 Tahun

Mengkonsumsi susu segar atau fresh milk setiap hari pada anak usia 6 bulan sampai 2 tahun bisa mencegah stunting dan tumbuh kembang secara optimal.-Pixabay-

Menurut rekomendasi World Health Organization (WHO) terbaru, susu segar boleh diberikan pada anak mulai dari usia 6 bulan. 

Namun cara pemberiannya tidak langsung di minum tapi untuk olahan camilan berkalori seperti kue, puding atau makanan yang mudah dipegang atau finger food.

"Di WHO pun susu formula untuk MPASI tidak disarankan, yang disarankan memang fresh milk maupun susu pasteurisasi," tambah Radhian.

Fresh milk disarankan karena memiliki jumlah bakteri yang tidak terlalu banyak sehingga aman dan stabil jika dikonsumsi bayi. 

BACA JUGA:Cinta Sesama Jenis Berujung Pembunuhan di Kuningan, Pelaku Cekik Korban dengan Kain

BACA JUGA:Niat Beli Mobil untuk Usaha, Warga Indramayu Dapat Hadiah Tak Terduga dari Daihatsu Cirebon

Kandungan nutrisi dan protein juga masih terjaga karena proses pengolahan hingga pengemasannya tidak terlalu lama terpapar dengan suhu panas.

Sementara jika anak terus menerus diberikan susu formula hingga usia 12 bulan ke atas, akan terjadi overweight atau obesitas dan kalori yang berlebihan karena sudah dapat juga dari makanan.

Untuk memilih susu segar yang tepat, Radhian menyarankan untuk melihat komposisi dan jumlah kalori yang ada pada susu tersebut.

"6 bulan sampai 2 tahun butuh yang kalorinya cukup kurang lebih 1000 kalori untuk anak aktivitas normal."

BACA JUGA:Cuma di Cirebon, Makan Seafood Dapat Hadiah Motor di Lucky Elephant Live Seafood

"Kedua Bioactive milk components seperti whey protein, kalsium, lactoferin untuk pencernaan dan untuk imun. Dan ketiga cocok untuk masing-masing usia," katanya.

Radhian menyarankan untuk anak usia 1-2 tahun bisa mengonsumsi susu segar sebanyak 250 mili liter perhari, dengan dibagi pada waktu tertentu seperti setelah bangun pagi, setelah makan siang, atau beberapa jam sebelum tidur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase