9 Penyakit Kulit yang Seringkali Terjadi Pada Anak-Anak

9 Penyakit Kulit yang Seringkali Terjadi Pada Anak-Anak

Penyakit Kulit-Foto : www.haibunda.com-radarcirebon.com

3. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik merupakan penyakit kulit pada anak yang ditandai dengan kulit kemerahan dan terasa gatal.

Penyakit kulit ini umumnya bersifat kronis, tetapi dapat mereda dengan sendirinya. Pada sebagian anak, eksim terkadang disertai dengan asma.

Bila Si Kecil mengalami eksim, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejalanya:

BACA JUGA:8 Rekomendasi Bakso Paling Enak di Cirebon, Jam Buka dan Lokasinya di Bawah ini

  • Mandikan Si Kecil dengan air hangat dan gunakan sabun khusus bayi berbahan lembut.
  • Gunakan pelembap, seperti petroleum jelly
  • Hindari Si Kecil dari faktor pemicu eksim, misal makanan atau produk perawatan kulit tertentu.
  • Pastikan Si Kecil tidak menggaruk area kulit yang gatal agar tidak menimbulkan luka atau infeksi.
  • Jika tindakan di atas belum mampu meredakan eksim pada anak, dokter mungkin akan meresepkan krim atau salep untuk meredakan gatal yang dialami anak.

4. Campak

Campak merupakan jenis penyakit kulit pada anak yang disebabkan oleh virus. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit campak dapat mengakibatkan komplikasi serius pada anak-anak, seperti pneumonia.

Sebagai langkah pencegahan, pastikan Si Kecil telah menjalani vaksinasi campak. Pemberian vaksin campak pada anak-anak dapat meminimalkan risiko terkena penyakit ini.

5. Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus). Ada lebih dari 150 jenis virus HPV, tetapi hanya sebagian yang menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit.

Penyakit ini dapat menular melalui kontak fisik langsung pada kulit. Kutil pada anak dapat muncul pada muncul di jari, telapak tangan, telapak kaki, lutut, atau siku.

6. Cacar air

Cacar air adalah jenis penyakit kulit yang umum menimpa anak-anak, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster.

Gejala cacar air biasanya berupa demam panas disertai muncul ruam di kulit. Ruam itu sendiri muncul dalam bentuk lepuhan, bintik-bintik, dan koreng.

Cacar air biasanya berlangsung selama seminggu dan bisa menular ke anak lain dalam waktu cepat. Namun, kini ada program vaksinasi yang sudah dilakukan secara luas, sehingga penyakit kulit ini semakin jarang diderita oleh anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: