7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Kembang kol. -Foto: istimewa. -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Penderita asam lambung harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan. Karena itu akan berpengaruh bagi kesehatan

Selain makanan berlemak dan pedas, sebaiknya batasi juga konsumsi buah dan sayur tertentu karena dapat memicu gejala asam lambung.

Ada banyak jenis buah dan sayuran yang sebaiknya dihindari atau dibatasi. Banyak buah dan sayur yang bisa menyebabkan asam lambung meningkat.

Memperparah gejala seperti mulas, mual, dan kembung.

Mari kita bahas buah dan sayur yang porsinya sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari oleh mereka yang menderita asam lambung.

7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung 

1. Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C, namun kandungan asamnya yang tinggi dapat mengiritasi lambung dan memicu produksi asam lambung berlebih.

BACA JUGA:Mengenal Desa Wawowae, Pemenang Desa Potensial Wilayah Tengah Program Desa BRILian

Mengutip dari berbagai sumber, asam pada buah ini ternyata bisa menyebabkan gejala tukak lambung. Alternatifnya, pilihlah buah-buahan yang tidak terlalu asam seperti pisang, melon, atau pepaya.

2. Tomat

Kandungan asam pada tomat setara dengan jeruk. Selain itu, tomat juga mengandung fruktosa yang sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan kembung dan memperburuk gejala sakit maag.

3. Nanas

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang dapat mempercepat pencernaan protein. Namun bromelain juga bisa mengiritasi lambung, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Apalagi nanas muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: