Ketahuilah 4 Manfaat Belanja Bagi Kesehatan Mental

Ketahuilah 4 Manfaat Belanja Bagi Kesehatan Mental

Belanja Kesehatan Mental-Foto : www.alodokter.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Belanja identik dengan kegiatan yang sering dilakukan oleh wanita. Meski beberapa orang menganggapnya sebagai kebiasaan negatif karena kerap menghambur-hamburkan uang, ternyata belanja dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental, lo. Nah, untuk mengetahui manfaat dari belanja bagi mental, berikut penjelasan lengkapnya!

Belanja Bisa Menjaga Kesehatan Mental 

Banyak orang yang berpikir jika terapi ritel merupakan sesuatu yang bersifat materialistis atau hedonistik. Di sisi lain, ternyata banyak penelitian yang menyebut jika berbelanja dapat menjadi aktivitas yang positif dan sehat. Berbelanja dapat melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga dapat merasakan efek baik pada kesehatan mental setelah berbelanja. Apa saja manfaat dari belanja pada mental? Berikut beberapa poin-poin pentingnya:

1. Belanja menimbulkan rasa bahagia

Manfaat pertama dari belanja pada kesehatan mental adalah kegiatan ini dapat mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan rasa bahagia.

Saat belanja, otak dapat melepaskan dopamin kimiawi yang membuat perasaan senang dan tentunya sangat baik untuk kesehatan mental. Maka dari itu, tidak sedikit wanita yang senang berbelanja saat merasa sedih.

2. Membangun rasa kepercayaan diri

Ternyata, menghabiskan uang untuk sesuatu yang benar-benar disukai adalah sesuatu yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Penelitian dilakukan untuk mempelajari perasaan orang yang membeli lampu estetis dibandingkan lampu fungsional.

Ternyata, seseorang yang membeli lampu yang tampak lebih baik mengalami lonjakan kepercayaan diri dan tentunya sangat baik untuk kesehatan mental.

3. Meredakan rasa cemas terkait dengan masa depan

Manfaat lainnya dari belanja terhadap kesehatan mental adalah kegiatan ini dapat meredakan rasa cemas. Saat seseorang berbelanja, secara alami akan memvisualisasikan saat menggunakan produk tersebut hingga rencana di masa depannya.

Berbelanja untuk mempersiapkan perubahan hidup tentu saja membantu seseorang untuk merasa lebih memegang kendali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: