Ada 3 TPS Lokasi Khusus di Lapas Kesambi, Ada 807 Orang Masuk DPT

Ada 3 TPS Lokasi Khusus di Lapas Kesambi, Ada 807 Orang Masuk DPT

Monitoring TPS Lokasi Khusus Lapas Kesambi Cirebon.-Azis Muhtarom-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ribuan warga binaan di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas I Kota Cirebon, menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024.

Pemungutan suara dilakukan di tiga tempat pemungutan suara lokasi khusus (TPS Loksus) yang berlokasi di dalam area Lapas Kesambi, yakni TPS 902, 903, dan 904.

Pada tiga TPS Loksus tersebut, jumlah daftar pemilih tetap terdapat 807 orang. Dengan rincian TPS 902 ada 265 orang, TPS 903 ada 265 orang, dan TPS 904 ada 277 orang.

Selain itu, di tiga TPS Loksus Lapas juga terdapat daftar pemilih tambahan (DPTb) yang totalnya 255 orang. Dengan rincian TPS 902 ada 98 orang, TPS 903 ada 79 orang, dan TPS 904 ada 78 orang. Sehingga, jumlah total hak pilih yang dilayani sebanyak 1.062 orang.

BACA JUGA:Quick Count Pilpres 2024, Prabowo Subianto Unggul 60,09 Persen, Data Masuk 39 Persen

Kepala Lapas Kelas I Cirebon Yan Rusmanto menjelaskan, berdasarkan pasal 51 ayat 3 PP nomor 32 tahun 1999 tentang syarat dan tatacara pelaksanaan hak binaan masyarakat.

Bahwa narapidana dan anak didik pemasyarakatan diberi kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya, dalam pemilihan umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan adanya aturan tersebut, sambung dia, maka walaupun berada didalam Lapas, warga binaan tetap dapat memilih anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota, serta Capres dan Cawapres.

Pemilu yang dilakukan didalam Lapas ini, dilaksanakan dengan pengawasan dan pengamanan yang ketat, serta dilayani dalam tiga TPS Lokaus yang telah disediakan sebelumnya, bekerjasama dengan KPU Kota Cirebon.

BACA JUGA:Diguyur Hujan, Warga Jabar Tetap Antusias Mencoblos, Bey Machmudin mencoblos di TPS 15, Kota Bandung

Dia berpesan, dan memberikan arahan kepada petugas lapas yang kebetulan menjadi petugas KPPS di dalam lapas, agar bisa melayani dengan optimal serta tetap selalu waspada dan jangan sampai lengah.

“Tetap jaga kondusifitas lapas, serta arahkan warga binaan,  dengan tertib saat melakukan pencoblosan,” ujar Yan Rusmanto.

Kegiatan Pemilu didalam Lapas, terpantau berjalan aman dan tertib, denga’ bantuan pengamanan dari sejumlah stakeholder terkait, seperti TNI-PolrI serta Pengawas TPS.

Yan Rusmanto berharap, dengan adanya penyelenggaraan Pemilu didalam Lapas ini, dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air, serta bangsa dan negara, khususnya bagi warga binaan di Lapas Kelas I Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: