Habiskan Rp8 Miliar, Megahnya Masjid yang Dibangun Pj Gubernur Jateng di Beber

Habiskan Rp8 Miliar, Megahnya Masjid yang Dibangun Pj Gubernur Jateng di Beber

Masjid Al Affan Beber Cirebon, dibangun oleh Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana yang saat ini sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah.-Asep Brd-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pembangunan masjid megah yang ada di Desa Beber, Kecamatan Beber, Kabupaten CIREBON, menghabiskan dana kurang lebih Rp8 miliar.

Masjid megah tersebut dibangun oleh Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana, yang saat ini menjabat sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Berdiri megah di pinggir Jalan Raya Cirebon-Kuningan, masjid yang memiliki nama Masjid Al-Affan itu, kini menjadi kebanggaan warga Desa Beber, Kabupaten Cirebon.

Menurut Mukmin, Pengurus Takmir Masjid Al-Affan Beber, pembangunan masjid tersebut merupakan gagasan dari Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana bersama keluarga besarnya.

BACA JUGA:Banyak yang Penasaran, di Kawasan Gronggong Lagi Dibangun Apa?

Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana sendiri, sebut Mukmin, merupakan putra asli Daerah Beber yang banyak menghabiskan waktunya di luar daerah.

Adapun lahan yang dijadikan masjid megah, pada awalnya akan dibangun sebuah yayasan.

"Awalnya bukan dibangun untuk masjid, tapi yayasan pendidikan," kata Mukmin saat berbincang dengan radarcirebon.com, Sabtu 17 Februari 2024.

Namun setelah melalui dialog dan tukar pikiran, diputuskan jika lahan milik keluarga besar Nana Sudjana itu, dijadikan untuk sarana ibadah.

BACA JUGA:4 Masjid Megah di Sepanjang Jalan Raya Cirebon - Kuningan

"Kalau dibuat untuk yayasan pendidikan banyak syarat yang harus ditempuh, tapi kalau masjid, barokahnya jadi mengalir," sambung Mukmin.

Selain itu, melalui sebuah survey untuk kelayakan Sholat Jumat, kawasan tersebut jumlah jamaahnya sudah memenuhi syarat.

Lahan yang dipakai untuk bangunan masjid itu, merupakan tanah warisan dari keluarga besar Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: