6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Ambeien

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Ambeien

Kebiasaan Buruk-Foto : www.sonora.id-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah pada anus dan rektum yang bisa berkembang di dalam rektum atau di luar anus. Hampir semua orang di dunia pernah mengalami Ambeien disadari atau tidak.

Biasanya ambeien yang di dalam anus tidak begitu disadari. Namun, kamu bisa tahu kalau mengalami ambeien jika mengalami BAB berdarah.

Ambeien adalah tentang pola atau kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan. Lantas, apa saja kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan ambeien?

BACA JUGA:Update 3 Siswi SD di Indramayu Meninggal, 6 Saksi Diperiksa, Ketua Kwarcab: Bukan Kegiatan Pramuka!

1. Mengangkat Beban Berat

Mengangkat barang berat dapat memberikan penekanan terhadap rektum sehingga memicu pembengkakan pembuluh darah.

Untuk menghindari kondisi ini, hindari memaksakan diri untuk mengangkat benda berat. Jika memang harus mengangkat benda berat, pastikan kamu memposisikan tubuh dengan benar dan jangan mengejan.

2. Terlalu Sering Melakukan Olahraga Berat

Kalau kamu terlalu sering melakukan olahraga berat, seperti angkat beban atau aktivitas yang membuat harus menjalani latihan berat tanpa jeda, ini bisa memicu ambeien. Coba perhatikan dan amati dengan baik, jenis latihan apa saja yang dapat membuat kondisi ambeien kambuh.

Pada dasarnya, rutin berolahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, apabila kamu mengalami ambeien, maka sebaiknya hindari berolahraga terlalu intens dan berat. Sebaiknya, lakukan latihan ringan, seperti jalan, joging, atau berenang supaya tidak memicu ambeien.

BACA JUGA:Update 3 Siswi SD di Indramayu Meninggal, 6 Saksi Diperiksa, Ketua Kwarcab: Bukan Kegiatan Pramuka!

3. Berlama-lama di Toilet

Kebiasaan lainnya, seperti berlama-lama di toilet juga dapat menyebabkan ambeien. Mungkin selama ini kamu tidak menyadari kalau aktivitas membaca atau melihat-lihat gadget sambil BAB bisa menambah durasi di toilet. Terlalu lama duduk di dudukan toilet bisa menyebabkan gravitasi sehingga memberi penekanan yang tidak semestinya pada pembuluh darah area anus.

4. Pola Makan Tidak Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: