6 Operasi Ambeien Berdasarkan Tingkat Keparahannya

6 Operasi Ambeien Berdasarkan Tingkat Keparahannya

6 Operasi Ambeien-Foto : www.alodokter.com-radarcirebon.com

3. Terapi koagulasi

Terapi koagulasi dilakukan untuk menangani kasus ambeien internal. Dalam prosesnya, operasi ambeien ini melibatkan penggunaan sinar inframerah, suhu panas, maupun suhu dingin yang ekstrem untuk mengecilkan benjolan ambeien.

Sama dengan kedua prosedur sebelumnya, terapi koagulasi juga tidak melibatkan anestesi dalam prosesnya. Operasi ambeien jenis ini umumnya hanya menyebabkan rasa tidak nyaman atau kram tanpa menimbulkan rasa sakit yang hebat.

4. Hemorrhoidal artery ligation and recto anal repair (HAL-RAR)

Hemorrhoidal artery ligation and recto anal repair (HAL-RAR) adalah prosedur operasi ambeien yang tergolong baru untuk mengatasi ambeien internal dengan prolaps. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan sensor Doppler ke dalam anus untuk mendeteksi pembuluh darah yang mengalirkan darah ke benjolan ambeien.

Dokter nantinya akan melakukan prosedur pengikatan pada pembuluh darah tersebut, sehingga benjolan dapat menghilang dalam beberapa minggu. Operasi ambeien dengan metode HAL-RAR ini terbukti efektif dan hampir tidak menimbulkan rasa sakit.

5. Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah jenis operasi ambeien yang dinilai paling efektif untuk mengatasi ambeien yang berat dan berulang. Prosedur ini melibatkan sayatan kecil pada anus untuk memotong benjolan ambeien.

Guna mencegah rasa sakit saat operasi berlangsung, Anda akan diberikan anestesi lokal atau anestesi umum. Luka akibat sayatan hemoroidektomi umumnya menimbulkan nyeri yang akan membaik dalam 2–6 minggu.

6. Hemoroidopeksi

Hemoroidopeksi atau stapler merupakan jenis operasi untuk menangani kasus ambeien internal yang disertai dengan prolaps. Operasi ambeien ini bertujuan untuk mengembalikan ambeien ke dalam anus dan menghentikan aliran darah ke benjolan agar ukurannya mengecil.

Nyeri akibat prosedur hemoroidopeksi dinilai tidak sesakit hemoroidektomi dan pemulihannya pun lebih cepat, hanya sekitar 4 minggu. Namun, kekambuhan ambeien setelah dilakukan operasi ambeien ini masih mungkin terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: