Ada 233.334 Kasus Baru, Begini Langkah Pemerintah Untuk Turunkan Angka TB di Jabar

Ada 233.334 Kasus Baru, Begini Langkah Pemerintah Untuk Turunkan Angka TB di Jabar

Penyakit menular tuberkulosis -yki4tbc.org-

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mengapresiasi upaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam menemukan kasus Tuberkulosis (TB) yang merupakan langkah pertama penanggulangan TB

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI Imran Pambudi melaporkan, Jabar berhasil menemukan kasus TB sampai 100 persen dalam dua tahun terakhir.

"Saya apresiasi Jabar dalam dua tahun terakhir berhasil menemukan 100 persen kasus TB bahkan sampai 117 persen karena limpahan dari provinsi tetangga."

BACA JUGA:Anggota KPPS Sumedang Meninggal Setelah Dirawat di Rumah Sakit, Pj Bupati: Pejuang Demokrasi

BACA JUGA:5 Efek Samping Terlalu Banyak Mengeluarkan Air Mani

BACA JUGA:7 Tuntutan Poros Caruban Nagari Menolak Pilpres 2024, Pendukung Prabowo-Gibran Bisa Kepanasan

"Penemuan semua kasus TB ini menjadi kunci pertama penanggulangan TB," ucap Imran dalam Peluncuran dan Penandatanganan bersama USAID BEBAS TB Tingkat Provinsi Jabar dan Penyusunan Rencana Kerja Terpadu "Bersama Menuju Eliminasi dan Bebas dari TB" di Hotel Novotel, Kota Bandung, Rabu 21 Februari 2024.

Adapun langkah kedua penanggulangan TB adalah keberhasilan pemberian pengobatan, sedangkan langkah ketiga yakni keberhasilan tuntasnya pengobatan selama enam bulan terus-menerus. 

Selain itu, Imran juga menekankan perlunya perhatian terhadap meningkatnya kasus TB pada anak-anak, karena dapat menyebabkan stunting dan kerusakan pada otak.

BACA JUGA:Pangeran Mas Zainul Arifin Sultan Cirebon Menantu Joko Tingkir, Bawa Cirebon ke Puncak Kejayaan

BACA JUGA:Kabar Gembira dari PSSI, Thom Haye dan Ragnar Jalani Debut Lawan Vietnam

BACA JUGA:Ezra Walian Tinggalkan Persib Jika Gagal Juara Liga 1? Begini Pernyataan Terbaru Darinya

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (data 2023 plus 1 Februari 2024), Jabar saat ini diestimasikan ada 233.334 kasus TB baru atau 22 persen dari total kasus nasional.

Enam daerah dengan beban TB tinggi adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase