Sering Mengalami Otot Kaku? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini

Sering Mengalami Otot Kaku? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini

Sering Mengalami Otot Kaku-Foto : fimela.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Otot termasuk salah satu bagian tubuh yang vital, terutama saat bergerak untuk melakukan aktivitas.

Otot termasuk salah satu bagian tubuh yang rentan untuk mengalami gangguan, terutama saat jarang atau terlalu sering digunakan.

Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah otot kaku. Kondisi ini memang membuat kamu merasa tidak nyaman. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk atasi otot kaku? Berikut ini pembahasan selengkapnya. 

BACA JUGA:Bupati Imron: Lulusan SMAN 1 Lemahabang Harus Berperan Aktif dalam Pembangunan Daerah

Beberapa Cara Efektif untuk Atasi Otot Kaku

Otot kaku adalah masalah yang terjadi saat bagian tubuh ini terasa kencang dan menjadi lebih sulit untuk bergerak dibandingkan biasanya.

Hal ini lebih rentan untuk terjadi selama istirahat. Saat mengalami masalah ini, kamu dapat merasakan beberapa gejala, seperti nyeri otot, kram, dan perasaan tidak nyaman.

Masalah otot kaku biasanya terjadi setelah berolahraga, melakukan pekerjaan fisik yang berat, atau mengangkat beban.

Selain itu, kamu bisa merasakan kekakuan pada otot setelah beberapa lama tidak tidak aktif secara fisik, seperti saat bangun tidur di pagi hari atau bangun dari kursi dari duduk dalam waktu yang lama.

Saat mengalami masalah otot kaku, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi otot kaku? Nah, berikut beberapa caranya:

1. Perawatan di Rumah

Kamu dapat mengatasi otot kaku dengan beberapa perawatan rumahan. Beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti beristirahat, melakukan pijatan, dan mengaplikasikan kompres panas atau dingin.

Kompres panas dapat bekerja lebih baik terhadap otot tegang, sedangkan yang dingin diberikan saat alami pembengkakan dan peradangan. 

Kamu juga menerapkan kompres panas atau dingin pada area yang kaku tidak lebih dari 20 menit. Biarkan otot beristirahat selama 20 menit sebelum menerapkan kompres yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: