Pemkab Cirebon Cari Anggaran ke Pusat untuk Stadion Watubelah, Butuh Segini

Pemkab Cirebon Cari Anggaran ke Pusat untuk Stadion Watubelah, Butuh Segini

Stadion Watubelah menanti anggaran untuk kelanjutan pembangunan agar dapat diselesaikan di tahun 2024.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kabupaten Cirebon berusaha mencari anggaran ke Pemerintah pusat untuk penyelesaian Stadion Watubelah.

Pasalnya, sampai dengan saat ini, Stadion Watubelah belum benar-benar selesai. Meski Pemkab Cirebon sudah memfungsikan area parkir untuk kegiatan masyarakat.

Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin mengatakan, anggaran penyelesaian stadion tersebut sedang diupayakan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kemudian ke Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) hingga Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pasalnya kebutuhan anggaran cukup besar yakni mencapai Rp250 miliar.

BACA JUGA:Jaenudin Umar Kembali Pimpin Pengda INI Kabupaten Cirebon Periode 2023-2026

Sejauh ini, Pemprov Jabar sudah memberikan saran agar segera dilakukan studi kelayakan. Hasilnya akan menjadi acuan untuk pembangunan ke depan.

"Uji kelayanan akan dilakukan oleh salah satu universitas. Nantinya tim teknis akan merekomendasikan kelanjutan pembangunannya seperti apa," katanya.

Menurut dia, pengajuan anggaran tersebut diharapkan dapat terealisasi. Sehingga Stadion Watubelah dapat difungsikan secara penuh.

Sementara terkait agenda uji kelayanan masih menunggu kelanjutan dari Pemerintah Provinsi Jabar.

BACA JUGA:Desa Surakarta Cirebon Disebut Juga Desa Surantaka, Berawal dari Pertarungan Cucu dan Kakek

"Mudah-mudahan bisa di tahun 2024, kami menunggu agenda selanjutnya dari provinsi," kata Ikin.

Selain itu, Dispora Kabupaten Cirebon juga mencari dukungan pembangunan lanjutan di dua kementerian sekaligus, yakni Kemenpora dan Kementerian PUPR.

Hal itu dilakukan karena regulasi untuk pembangunan di daerah kini sudah bergeser ke Kementerian PUPR. 

“Seperti home base Bali United itu kan yang menyelesaikan pembangunan stadionnya Kementrian PUPR."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: