Waduli Diresmikan di Pasar Jagasatru Cirebon, Pj Walikota Pastikan Bukan Pesaing untuk Pedagang

Waduli Diresmikan di Pasar Jagasatru Cirebon, Pj Walikota Pastikan Bukan Pesaing untuk Pedagang

TPID Kota Cirebon menghadirkan Warung Peduli Inflasi (Waduli) di Pasar Induk Jagasatru, Selasa (19/3/2024).-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon hadirkan Warung Peduli Inflasi atau Waduli.

Waduli berada di Pasar Induk Jagasatru, Kota Cirebon. Ini adalah bagian dari upaya untuk menekan angka inflasi di Kota Cirebon.

Pj Walikota Cirebon Drs H Agus Mulyadi meresmikan langsung Warung Peduli Inflasi atau Waduli tersebut disaksikan langsung Forkompimda Kota Cirebon, Selasa (19/3/2024).

Usai peresmian, Agus Mulyadi memastikan, bahwa kehadiran Waduli di Pasar Jagasatru bukan sebagai pesaing bagi para pedagang pasar.

BACA JUGA:Kantor Kejati Jabar Masih Sepi Jelang Irfan Nur Alam Diperiksa Kasus Korupsi di Majalengka

"Warung ini akan dioptimalkan sebagai tempat bagi penyelenggaraan operasi pasar di Kota Cirebon dalam rangka tersedianya harga rujukan dalam rangka menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di Kota Cirebon," katanya.

Menurut Ketua TPID Kota Cirebon ini, Waduli merupakan barometer pengendalian harga dan salah satu pusat informasi sebagai bahan masukan Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam menentukan kebijakan lanjutan.

"Di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri ini, penting bagi kita semua (Pemerintah Daerah Kota Cirebon, TPID, dan segenap pihak) untuk dapat menjaga stabilitas harga mengingat karakteristik inflasi sesungguhnya masih dipengaruhi oleh gejolak pasokan. Oleh sebab itu, kami mengajak semua pihak untuk sepenuhnya mencurahkan perhatian pada hal ini, sebab terjadinya inflasi daerah pada tingkat yang rendah dan stabil akan mendukung upaya pencapaian sasaran inflasi nasional," ujarnya.

Agus menyebutkan, bagi Pemkot Cirebon, terciptanya inflasi yang rendah dan stabil pada gilirannya akan meningkatkan daya saing sehingga lebih menjamin kesinambungan pertumbuhan ekonomi di tengah-tengah masyarakat.  

BACA JUGA:Kebut 4 Raperda Insiatif Sebelum Purna Tugas

BACA JUGA:BMKG: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Saat Arus Mudik 2024

"Dengan hadirnya Warung Peduli Inflasi ini, semoga kita dapat memiliki semacam wahana untuk mengevaluasi sumber-sumber dan potensi tekanan inflasi serta dampaknya terhadap pencapaian terget infasi. Sehingga, pada akhirnya nanti kita memiliki bahan rekomendasi yang riil untuk mendukung pencapaian terget inflasi," sebutnya.

Masih kata Pj Walikota Cirebon, Waduli baru ada satu di pasar tradisional Kota Cirebon.

"Ya saat ini baru satu Waduli di Pasar Induk Jagasatru ini. Ke depannya bisa, kemungkinan Waduli ini hadir di pasar-pasar tradisonal di Kota Cirebon," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: