HORE! Siap-siap ASN Terima THR Full Besarannya Setara Gaji Bulan Maret

HORE! Siap-siap ASN Terima THR Full Besarannya Setara Gaji Bulan Maret

grafis-dok-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon tengah merumuskan rencana pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN dan pejabat daerah, yang sumber pendapatannya berasal dari APBD Kota Cirebon.

Tahun ini, para ASN di Pemkot Cirebon (PNS dan P3K) tampaknya bakal bersorak gembira.
Pasalnya, ada kemungkinan THR yang bakal diterima jumlahnya utuh sesuai dengan gaji dan tunjangan-tunjangan melekat lainnya, ditambah dengan 100 persen tambahan penghasilan pegawai (TPP).

Pemberian 100 persen komponen TPP ini masih opsional.
Dalam regulasinya, Peraturan Pemerintah nomor 14 tahun 2024 tentang Gaji ke-13 dan THR aparatur negara tahun 2024, besaran TPP paling banyak satu kali penuh atau 100 persen, bisa diberikan dengan kemampuan kapasitas fiskal daerah.

Sehingga, Pemkot Cirebon akan membahas beberapa opsi yang kemungkinan akan diterapkan dalam menyusun Peraturan Walikota, sebagai dasar untuk membayarkan THR dan gaji ke-13 bagi ASN dan pejabat daerah di lingkungan Pemkot Cirebon.

BACA JUGA:Viral! KA Putri Deli Tabrak Truk Pengangkut Pelet di Perlintasan Serdang Begadai Sumut

Penjabat Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyad MSi, mengungkapkan bahwa ada beberapa opsi yang akan dipertimbangkan untuk menjadi dasar penentuan besaran THR dan gaji ke-13 yang akan diterima oleh ASN Pemkot Cirebon.

Opsi-opsi tersebut terfokus pada komponen penghasilan, berapa besar TPP yang akan turut dibayarkan pada THR dan gaji ke-13 ASN.

Karena, jika melihat komponen penghasilan lainnya seperti gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan beras/pangan, dan tunjangan jabatan, sudah jelas deskripsinya dalam PP tersebut.

“Ada opsi kita akan membayarkan THR dan gaji ke-13 dengan TPP full, atau prosentase di berapa persen. Karena kalau melihat PP-nya, dibolehkan dibayarkan penuh. Tetapi, tetap memperhatikan kekuatan fiskal,” sebutnya, Selasa (19/3).

BACA JUGA:Pemerintah dan DPR Sepakat Perlu Ada Regulasi Soal Umrah Backpacker

Tahun-tahun sebelumnya, TPP yang ikut dibagikan saat ASN menerima THR dan gaji ke-13, hanya berjumlah 50 persen, terutama selama masa pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu.

Dia menyebutkan bahwa, jika melihat kebutuhannya, setiap bulan Pemkot Cirebon membayarkan gaji dan tunjangan-tunjangan ASN plus TPP 100 persen, yang menyedot anggaran sebesar Rp38 miliar.

Artinya, jika opsi TPP full itu ikut diberikan saat membagikan THR dan gaji ke-13, maka diperlukan anggaran sebesar Rp38 miliar juga pada akhir Maret atau awal April mendatang.

“Ya kita lihat saja hasil perumusannya. Kalau melihat kondisi fiskal kita sekarang, memang lebih stabil. Mudah-mudahan cashflow di kas daerahnya juga mencukupi untuk itu (100 persen TPP),” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: