Santri Pondok Pesantren Darussalamah Disibukkan dengan Kegiatan Pengajian dari Pagi hingga Malam Hari

Santri Pondok Pesantren Darussalamah Disibukkan dengan Kegiatan Pengajian dari Pagi hingga Malam Hari

Santri mengikuti pengajian Al Quran hingga kitab kuning guna menambah wawasan pengetahuan mereka akan ilmu agama.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Di bulan suci ramadhan, santri Pondok Pesantren Darussalamah di Desa Balerante Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon semakin disibukkan dengan berbagai kegiatan. Dari pagi hingga malam hari, mereka harus mengikuti pengajian Al Quran hingga kitab kuning guna menambah wawasan pengetahuan mereka akan ilmu agama.

Pengasuh Ponpes Darussalamah, KH Zainal Arifin menjelaskan, selama bulan puasa ada sejumlah kegiatan tambahan yang harus diikuti oleh para santri. Diantaranya adalah tadarrus Al Quran hingga ngaji pasaran.

pengajian pasaran itu dilakukan dari pagi, siang hingga malam hari. Adapun kitab yang dikaji antara lain kitab Arbain Nawawi, Bulughul Maram,  Minhajul Arifin dan Abi Jamroh.

"Bisa dikatakan, selama bulan puasa ini ada penyesuaian kegiatan oleh santri," katanya.

BACA JUGA:Apa Itu Mukjizat Multi Super Telepati yang Dimaksud ‘Nabi Jannes’? Gokil, Seperti Mutan di Film X-Man

Sementara itu, kegiatan tadarus Al Quran  sendiri dilakukan setelah waktu ashar. Kegiatan tadarrus Al Quran dilakukan oleh seluruh santri, baik santri laki-laki maupun santri perempuan.

Saat ini, di Pondok Pesantren Darussalamah memiliki seratusan orang santri yang bermukim dan menuntut ilmu. Mereka berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Ada yang dari Purwakarta, Depok, Bogor, Karawang, Subang, Kuningan, Cirebon, Indramayu. Ada juga yang dari Brebes. Total santri kita ada sekitar seratusan," kata KH Zaenal Arifin.

KH Zainal Arifin menjelaskan bahwa Pondok Pesantren Darussalamah memiliki sejumlah program pendidikan. Diantaranya adalah Tahfid dan Tahsin Al Quran. Dimana program Tahfid dan Tahsin Al Quran ini, dibimbing langsung oleh Nyai Hj Iis Aisyah, istri KH Zainal Arifin.

BACA JUGA:GOKIL, 'Nabi Jannes' Mau Bubarkan Islam, Mengaku Punya Mukjizat Multi Super Telepati

Meskipun merupakan lembaga pendidikan yang mengusung pendidikan pesantren salagf, namun Ponpes Darussalamah juga tetap mendukung para santri untuk mengikuti pendidikan formal. Seperti MTs/SMP dan Madrasah Aliyah (MA)/SMK.

"Kemudian disini, kita juga memiliki kegiatan mingguan, bulanan dan tahunan, seperti pembacaan barzanji dan addiba'i, musyawarah kubra, pembelajaran khithobah, musabaqah, ziarah masyayikh Cirebon, serta khotmil Qur'an," pungkasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: