Pengertian Takjil dan Menu Yang Sehat Saat Berbuka Puasa

Pengertian Takjil dan Menu Yang Sehat Saat Berbuka Puasa

Menu Takjil yang Sehat Saat Berbuka Puasa-Foto : www.alodokter.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pengertian Takjil adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan penghentian aktivitas berpuasa.

Asal kata ini adalah kata Arab ajila yang artinya cepat. Dengan kata lain, takjil berarti titah untuk bersegera berbuka puasa.

Dibandingkan dengan makanan yang lain yang mudah sekali menarik rasa lapar setelah berpuasa, Takjil umumnya dikaitkan dengan makanan pembuka seperti kolak pisang, jelly, sup buah, dan es krim campur. 

BACA JUGA:Wow...Begitu Antusiasme Warga Cirebon Menukar Uang Baru Jelang Idul Fitri

Meskipun pengertian takjil mempunyai arti yang berbeda, asal usul dan arti sebenarnya tidak diketahui secara pasti.

Awalnya, istilah yang digunakan untuk menyebut kata takjil yang berarti "mempercepat" untuk segera berbuka puasa, namun penggunaannya kini semakin lazim di Indonesia.

Berbagai pilihan makanan kini bisa dianggap sebagai takjil jika disajikan setelah puasa. Takjil kini digunakan untuk menyebut makanan yang dihidangkan setelah berpuasa. 

BACA JUGA:Menang atas Vietnam, Peringkat FIFA Indonesia Melonjak

Takjil atau mempercepat, bergegas, terburu-buru, terburu-buru adalah kata kerja ishim mashdar yang artinya menambah kecepatan.

Kata takjil juga sering digunakan dalam artikel, berita, majalah.Takjil artinya makanan manis (Islam) yang dimakan setelah berbuka puasa.

Setelah Anda memahami berbagai arti kata, Anda akan mendapati bahwa memahami, menyampaikan, dan berkomunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah tanpa salah memahami kata-katanya.

Takiil biasa kita jumpai sebagai salah satu hidangan yang disantap saat berbuka puasa. Makanan dan minuman sama-sama merupakan pilihan bentuk sebagai menu takjil.

BACA JUGA:Berbagi di Bulan Suci, XRI Chapter Cirebon Sebarkan 300-an Paket Takjil

BACA JUGA:Sekjen PDI Perjuangan: Dukung TPN Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: