Pecco dan Marquez Tabrakan di MotoGP Portugal, Siapa yang Salah?

Pecco dan Marquez Tabrakan di MotoGP Portugal, Siapa yang Salah?

Pecco dan Marquez terlibat insiden tabrakan di MotoGP Portugal. Foto:-Istimewa-

Sedangkan Pecco tak berdaya. Dia akhirnya kembali ke kandang. Adapun pihak MotoGP telah melakukan investigas. Lantas, siapa yang salah dari keduanya?

"FIM MotoGP Stewards telah mengonfirmasi bahwa kecelakaan antara Marc Marquez dan Francesco Bagnaia adalah insiden balapan. Oleh karena itu, tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil,” demikian pernyataan resmi dari pihak MotoGP.

Pernyataan Pecco

Dia menilai manuvernya tidak mengundang risiko.

“Saat dia menyalip saya, dia melebar. Ketika seorang pria berkendara di depan Anda, yang sedang Anda lawan, melebar? Apa yang ingin kamu lakukan? Menyalipnya lagi untuk mengambil lebih banyak poin. Dari sisi saya, itu tidak berisiko,” katanya.

“Saat dia tiba, dia mencoba menyalip. Dia melebar. Saya mencoba melewati batas. Dia juga melewati batasnya dan kami bertabrakan. Itu adalah sesuatu yang membuatku marah, tetapi itu normal. Ini adalah insiden balapan."

"Itu membuat saya marah karena saya nol poin. Masih ada 38 balapan (19 sprint dan 19 race) lagi, kejuaraan ini masih sangat panjang," ujar Pecco.

Apa kata Marquez

Marquez setuju dengan FIM Stewards bahwa itu merupakan insiden balapan. Namun, Marquez juga merasa bahwa Pecco melakukan kesalahan.

Menurutnya Pecco bisa saja menghindari insiden itu.

“Tentu saja dia mungkin tidak sepakat dengan penilaian saya," ujar Marquez.

"Itu adalah kesalahan Pecco, tetapi bukan hanya kejadiannya saja. Karena pada akhirnya dia mencoba untuk kembali dan, oke, terlalu optimistis. Namun, kontak bisa saja terjadi jika melakukan hal itu."

“Kami memperebutkan posisi ke-5. Dan, dia tahu bannya, terutama ban belakangnya, sudah menderita. Ketika tersisa tiga lap, pembalap tahu dia akan kehilangan posisi. Jadi, tidak perlu kembali ke mode agresif seperti itu," imbuh Marquez.

"Namun, yang terjadi, dia memutuskan seperti itu," katanya.

"Pada akhirnya, saya menerima kontak tersebut. Untungnya saya tidak terluka, dia tidak cedera," ujar Marquez. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: