Cara Efektif Menunjukkan Keahlian dalam Proses Wawancara Kerja

Cara Efektif Menunjukkan Keahlian dalam Proses Wawancara Kerja

Cara Efektif Menunjukkan Keahlian dalam Proses Wawancara Kerja-Foto : id.pinterest.com-radarcirebon.com

2. Tunjukkan karakter Anda 

Salah satu cara untuk memberi kesan yang baik pada manajer personalia adalah anda memastikan kepada hrd dan manajer personalia bahwa kata berikutnya yang Anda sebutkan adalah kata-kata yang benar-benar menjelaskan tentang kepribadian Anda secara spesifik. 

Menurut Welch, kata-kata seperti "ulet”, “murah hati”, dan “selalu jujur” adalah contoh yang bagus untuk hal ini. “Saya pernah mendengar satu pelamar menggambarkan dirinya “mengembangkan diri”,” kata Welch.

“Resumenya telah menjelaskan hal itu, tetapi saya menyukai kedewasaan yang dibutuhkan untuk mengemukakannya.” 

3. Katakan sesuatu yang menarik yang ada pada diri Anda 

Kata terakhir Anda, lanjut Welch, sebaiknya menunjukkan hal yang menunjukkan Anda tahu apa yang membuat Anda unik dan disukai dengan karakter itu. 

Dia menekankan bahwa tanggapan terbaik adalah yang memberi kesan terhadap seorang pemberi kerja. Istilah positif seperti “optimistis”, “bertanggung jawab”, dan “tenang”, bagus untuk mendeskripsikan diri Anda.

 “Tak satu pun dari kita dapat benar-benar menjelaskan diri kita sendiri dalam tiga kata,” tambahnya.

“Tetapi jawablah pertanyaan ini dengan penuh kesungguhan dan kesadaran, dan Anda akan melangkah jauh.”

4. Latihan Berkali-kali sebelum wawancara

Untuk meningkatkan rasa percaya diri dan persiapan mental, lakukan latihan wawancara kerja beberapa kali sebelum hari-H. 

Minta bantuan kepada teman, dan keluarga anda, atau mentor untuk berperan sebagai pewawancara dan memberikan umpan balik.

Anda juga dapat merekam dan melihat kembali isi rekaman sesi latihan wawancara kerja Anda sendiri dari sana anda dapat mengevaluasi kemampuan public speaking yang ada pada diri anda.

Bagaimana ketenangan anda saat anda menjawab pertanyaan si pencari kerja yang mungkin pertanyaan itu sangat sulit dan tidak terduga.

Mengadakan latihan wawancara kerja dapat membantu anda mengasah keterampilan komunikasi, mengurangi rasa gugup, dan memperbaiki kesalahan yang mungkin saja akan Anda lakukan tanpa anda sadari ketika sedang melakukan prosesi wawancara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: