Pantau Lalu Lintas di Tol Cipali, Korlantas Polri Operasikan Command Center

Pantau Lalu Lintas di Tol Cipali, Korlantas Polri Operasikan Command Center

Dirgakkum Korlantas Polri Brigadir Jenderal (Pol) Raden Slamet Santoso meresmikan langsung Command Center Km 188 Tol Cipali, Senin 1 April 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

Brigjen Pol Raden Slamet berharap, fasilitas yang terintegrasi dengan ratusan kamera pemantau atau CCTV itu dapat mengantisipasi kemacetan di ruas tol.

BACA JUGA:PDI Perjuangan Berencana Gugat MK dan KPU ke PTUN, Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Alasan HP Jangan Dibawa ke Toilet, Pakar Kesehatan Bilang Begini

Ditanya soal penanganan bottleneck di KM 153 dan KM 157 persimpangan pertemuan kendaraan dari Tol Cisumdawu dan Tol Cipali, jenderal bintang satu ini mengatakan, Korlantas Polri telah mengantisipasi dengan akan melakukan rekayasa lalu lintas di Tol Cipali jika terjadi kemacetan atau bottleneck di KM 153 dan KM 157.

"Bottleneck yang ada di KM 153 sudah kami antisipasi dengan rekayasa lalu lintas dari arah Jakarta."

"Kalau dari KM 47 sudah contra flow, satu lajur dua lajur atau bahkan sudah one way. Otomatis begitu KM 47 sampai KM 72 itu sudah one way, otomatis di jalur Tol Cipali pasti akan one way sampai Kalikangkung."

BACA JUGA:Perampokan di Indramayu, Pelaku Ajak Korban Keliling Sampai Sumedang

"Itu salah satu strategi atau upaya mengantisipasi bottleneck di Km 153 dan KM 157," katanya.

Sementara itu, Direktur Astra Tol Cipali Billy Perkasa Kadar mengatakan, Command Center KM 188 ini bertujuan sebagai lokasi pusat kendali operasional arus lalu lintas di wilayah Jawa Barat.

“Penggunaan Kembali bekas Kantor Gerbang Tol Palimanan ini merupakan salah satu bentuk sinergi ASTRA Tol Cipali dengan Korlantas Polri dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan."

"Dengan keberadaan Command Center di KM 188 Palimanan ini, kami harapkan informasi lalu lintas di Ruas Tol Cipali bisa tercapture secara real time,” katanya.

Menurutnya, Astra Tol Cipali memastikan Command Center KM 188 tak hanya siap digunakan dari sisi prasarana saja melain untuk mendukung fungsinya sebagai pusat komunikasi dan koordinasi lalu lintas.

BACA JUGA:Promo Kuota Besar Smartfren, Perkuat Jaringan Jelang Hari Raya Idul Fitri

"Dari sisi visual, berdasarkan pemantauan lalu lintas dapat terlihat melalui 9 wall yang berisikan CCTV Ruas Tol Cipali, CCTV Ruas Tol Cisumdawu, CCTV Ruas Tol Jasamarga, hingga dashboard informasi Remote 

Traffic Microwave Sensor (RTMS) serta Monitoring Lalu Lintas Per Jam (MLPJ)."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase