Hasil Sidang Isbat: Lebaran 2024 Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 atau Esok Hari

Hasil Sidang Isbat: Lebaran 2024 Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 atau Esok Hari

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Syawal 1445 Hijriah, di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa 9 April 2024-Hasil tangkapan layar-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah pada 10 April 2024.

Artinya, Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah akan dirayakan oleh umat Islam di seluruh Indonesia pada hari Rabu 10 April 2024 alias esok hari.

Keputusan Kemenag tersebut berdasarkan sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilakukan di kantor Kemenag RI, Jakarta, Selasa 9 April 2024.

BACA JUGA:Identitas 4 Karyawan CSB Mall yang Meninggal Dunia di Ruangan Septic Tank, Diduga Keracunan Gas

BACA JUGA:Akibat Mendung Tebal, Hilal Tidak Terlibat di Pantai Baro Gebang

BACA JUGA:HR Warga Harjamukti Kota Cirebon Pengguna Narkoba Jenis Sabu, Diringkus Polisi Setelah Penangkapan TR

"Secara mufakat memutuskan bahwa 1 Syawal 1445 H jatuh pada Hari Rabu 10 April 2024," kata Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin bahwa sidang isbat diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. 

Hadir pula dalam sidang tersebut Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

BACA JUGA:Berita Duka: 4 Teknisi CSB Mall Meninggal Dunia di Ruang Septic Tank

Berdasarkan data hisab, ijtimak terjadi pada posisi hilal pada Selasa 9 April 2024 pukul 17:46:19 WIB berada pada 6,1 derajat diatas ufuk. Begitu juga dari hasil pemantauan ada yang melihat hilal

“Berdasarkan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), posisi hilal dimaksud telah memenuhi kriteria visibilitas hilal (Imkanur Rukyat) yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat,” imbuhnya.

Kementerian Agama, kata Kamaruddin, juga melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi.

BACA JUGA:H-1 Lebaran Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Lalu Lintas Pemudik di Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: