Di Purbalingga, Ada yang Baru Merayakan Lebaran Hari Ini, Jumat 12 April 2024

Di Purbalingga, Ada yang Baru Merayakan Lebaran Hari Ini, Jumat 12 April 2024

Warga di Desa Onje, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru melaksanakan sholat ied hari ini, Jumat 12 April 2024.-Tangkapan layar-Instagram @RCTV

Jemaah masjid Aolia di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah merayakan Idulfitri 1445 Hijriah pada Jumat, 5 April 2024. 

Penetapan hari Lebaran ini lebih cepat dibandingkan pemerintah atau organisasi keagamaan Islam seperti NU dan Muhammadiyah yang jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Ratusan anggota jemaah Aolia melaksanakan salat Ied di aula rumah imam jemaah masjid Aolia Kyai Haji Ibnu Hajar Pranolo, yang akrab disapa Mbah Benu.

Berlokasi di Padukuhan Panggang III, Kalurahan Giriharjo, Panggang, Kabupaten Gunungkidul pada pukul 06.00 WIB. 

Mbah Benu mengatakan tidak ada metode mengenai lebih awalnya pelaksanaan salat Ied tersebut, melainkan berdasar keyakinan 

"Sesuai keyakinan," kata dia.

2. Jemaah Thariqat Syattariyah di Nagan Raya

Ribuan anggota jemaah Thariqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, merayakan Idul Fitri atau Lebaran pada Senin, 8 April 2024. 

Mereka telah melaksanakan salat Ied di Masjid Peuleukung, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur.

Pada pelaksanaan sholat Ied, ribuan orang telah memadati masjid sejak pagi hari, bahkan hingga memenuhi badan jalan. 

Pelaksanaan Salat Id itu berjalan lancar dengan pengawalan oleh personel Polres Nagan Raya dan prajurit TNI dari Kodim 0116 Nagan Raya.

“Perbedaan Hari Raya Idul Fitri di tengah masyarakat di Kabupaten Nagan Raya memang sudah lumrah terjadi,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya, Wahidin.

3. Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah juga telah melaksanakan salat Idul Fitri di Surau Baru, Pauh, Padang, Sumatera Barat pada Senin, 8 April 2024. 

Tarekat Naqsabandiyah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah menggunakan metode hisab munjid, yakni penghitungan 30 hari sejak awal puasa yang telah digunakan secara turun-temurun di tarekat tersebut sehingga Idulfitri jatuh pada 8 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: