Di Purbalingga, Ada yang Baru Merayakan Lebaran Hari Ini, Jumat 12 April 2024

Di Purbalingga, Ada yang Baru Merayakan Lebaran Hari Ini, Jumat 12 April 2024

Warga di Desa Onje, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru melaksanakan sholat ied hari ini, Jumat 12 April 2024.-Tangkapan layar-Instagram @RCTV

Berbeda dengan di Padang, Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Sumatera Utara menetapkan Sholat Idul Fitri pada Selasa, 9 April 2024. 

Mereka telah berpuasa Ramadhan sejak Ahad, 10 Maret lalu mengikuti metode hisab qamariyah yang telah digunakan secara turun-temurun.

4. Warga Negeri Wakal di Maluku Tengah

Masyarakat di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, telah melaksanakan Sholat Ied pada Senin, 8 April 2024.

“Iya hari ini kami melaksanakan salat Idulfitri lebih dulu, karena kami sudah genap 30 hari Ramadan,” kata Raja Wakal Ahaja Suneth di Wakal, Maluku Tengah.

Salat Ied diikuti ribuan warga, baik perempuan maupun laki-laki, di Masjid Nurul Awal Wakal yang dimulai pukul 09.00 WIT. 

Salat id dipimpin imam Masjid Nurul Awal, Tahir Supele, sekaligus yang memberikan khotbah Idulfitri 1445 Hijriah. 

Belasan personel dari Polsek Leihitu dan anggota TNI dikerahkan menjaga pelaksanaan Sholat Ied di Wakal.

Suneth mengatakan bukan kali ini saja pihaknya melaksanakan salat id lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah. Hal ini sudah dilakukan oleh para leluhur mereka sejak Negeri Wakal berdiri.

“Jadi bukan soal salat id duluan dan tidak, tapi ini berdasarkan penetapan bulan. Kami di Wakal sudah melakukannya sejak zaman dahulu," ujarnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: