Partai Golkar, Gerindra dan PAN Bentuk Koalisi Cirebon Maju

Partai Golkar, Gerindra  dan PAN Bentuk Koalisi Cirebon Maju

Para pimpinan parpol di Kota Cirebon, seperti Partai Gerindra, Partai Golkar dan PAN bentuk koalisi menjelang Pilkada Kota Cirebon.-Azis Muhtarom-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Setelah menjalin koalisi antara Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN), kedua partai politik (parpol) tersebut kini mulai menjajaki koalisi dengan parpol lainnya.

Kali ini, rombongan Partai Golkar yang dipimpin Ketua DPD Golkar Kota Cirebon Andrie Sulistio dan rombongan PAN yang digawangi Ketua DPD PAN Kota Cirebon Dani Mardani, menyambangi sekretariat DPC Partai Gerindra, sabtu sore 4 Mei 2024.

Kedatangan rombongam kedua Parpol tersebut, diterima langsung oleh Ketua DPC Partai Gerindra H Eman Sulaeman beserta jajaran pengurus harian mereka, beserta sejumlah para anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Cirebon.

BACA JUGA:Polsek Lemahwungkuk Amankan 9 Bocah yang Terlibat Tawuran Konten

BACA JUGA:Indonesia Lolos Final Thomas Cup 2024, Jonatan Christie Jado Penentu Kemenangan Atas Taiwan

BACA JUGA:Kalahkan Korea Selatan, Indonesia Masuk Final Uber Cup 2024

Partai Golkar, PAN, maupun Partai Gerindra, merupakan merupakan sejumlah Parpol pengusung pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres kemarin, yang tergabung dalam koalisi Indonesia Maju.

Dari hasil pertemuan ketiga parpol ini, diperoleh kesepakatan untuk membentuk poros Koalisi Cirebon Maju (KCM).

Koalisi ini, merancang sejumlah agenda besar untuk dilalui dengan bahtera yang sama, salah satunya memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cirebon.

BACA JUGA:Waspada! Demi Lolos ke Olimpiade 2024, Pelatih Guinea U-23 Akan Berjuang Keras Kalahkan Indonesia

BACA JUGA:Inilah Persyaratan dan Cara Daftar jadi Anggota Panwaslu Kecamatan di Kota Cirebon

BACA JUGA:Pendaftaran Panwaslu Dibuka, Bawaslu Kota Cirebon: Dimulai Besok

Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon Andrie Sulistio menjelaskan, KCM ini memiliki sejumlah agenda penting untuk dirumuskan dan dijalankan bersama-sama.

Diantaranya, mengawal kebijakan pemerintahan Prabowo-Gibran, sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang akan dilantik pada 20 oktober 2024 mendatang.

Kemudian, parpol yang sama-sama memiliki keterwakilan kursi di DPRD Kota Cirebon periode sekarang maupun periode yang akan datang, bakal bersama sama saling mendukung setiap kebijakan politik di parlemen.

BACA JUGA:Bursa Calon Bupati Kuningan, Sekda Dian Diusung Partai Golkar

BACA JUGA:Dikunjungi Presiden Jokowi, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di Booth PLN di PEVS 2024

"Kemudian, yang paling dekat adalah untuk Pilkada Kota Cirebon. Kita sepakat untuk mengarungi hajat politik Pilkada Kota Cirebon 2024 ini dalam satu bahtera yang sama," ujar Andrie.

Khusus untuk hajat politik Pilkada Kota Cirebon ini, ketiga parpol sepakat untuk membentuk tim kecil berisikan perwakilan para pentolan yang ditunjuk, untuk merumuskan narasi strategis yang akan menjadi kerangka kesepakatan yang mengikat para Parpol, serta ditaati oleh pasangan calon yang akan diusung kelak.

Meski demikian, KCM ini masih terbuka untuk Parpol manapun yang ingin bergabung. Tapi, nama koalisinya sudah dipatenkan dan tidak akan dirubah lagi, tetap memakai nama KCM.

BACA JUGA:Indonesia vs Guinea Digelar Tanpa Penonton, Kick Off Malam Hari

Senada Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon H Eman Sulaeman mendukung penuh terbentuknya Koalisi Cirebon Maju.

Menurutnya, koalisi ini dibentuk bukan hanya sebagai syarat untuk bisa mengusung dan mendaftarkan Pasangan calon ke KPU saja.

Akan tetapi, tujuan utamanya adalah me jadikan Pasien yang diusung oleh KCM ini menjadi pemenang dalam Pilkada Kota Cirebon yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase