Champhionship Series Liga 1 Menggunakan VAR, Ini Penampakan Peralatan yang Diboyong

Champhionship Series Liga 1 Menggunakan VAR, Ini Penampakan Peralatan yang Diboyong

Championship Series yang mempertemukan Bali United vs Persib Bandung, bakal menggunakan bantuan VAR yang disimpan dalam kendaraan khusus. Mobil VAR ini sudah berada di beberapa venue pertandingan.-PT LIB-

Tampilan mobil VAR ini sama dengan kendaraan komersial lainnya. Berbentuk kotak, berwarna putih dan dimensinya besar. 

Begitu juga dengan dapur pacunya. Banyak dijumpai pada kendaraan komersial di jalanan Indonesia. 

Dijelaskan lebih lanjut, mobil VAR menggunakan dapur pacu Canter FE 84 SHDX. Dikenal juga dengan chassis-nya yang kokoh, tangguh dan tahan lama.

Di dalam box besar berwarna putih itu, ada satu server dan generator dengan kapasitas besar. Dua alat itu terletak di belakang. 

Di bagian tengah, ada ruangan yang dilengkapi dengan meja, kursi, tiga pendingin ruangan, serta enam monitor dengan segala pendukungnya. Lalu, ada 4 alat penahan goncangan pada bagian bawahnya. 

Teknologi VAR ini, mulai bekerja pada pertandingan Bali United vs Persib Bandung, Selasa 14 Mei 2024, pukul 19.00 WIB.

Penggunaan VAR di Championship Series, mendapat tanggapan 'dari salah satu punggawa Persib Bandung, Nick Kuipers.

Sebab menurutnya, memasuki babak championship series, tensi laga akan lebih tinggi. 

Kesalahan wasit pun akan memicu suhu pertandingan jadi lebih panas. Oleh karena itu, keputusan kontroversial perlu dipangkas.

"Menurut saya penggunaan VAR itu bagus untuk sepakbola Indonesia, seperti yang bisa dilihat di Eropa, ada banyak situasi penting yang diperiksa melalui VAR dan kebanyakan membantu wasit mengambil keputusan dengan tepat," kata Nick Kuipers.

Pertandingan final yang sangat menentukan itu, menurutnya butuh bantuan teknologi agar pertandingan adil bisa dirasakan oleh kedua tim.

"Jadi saya rasa ini hal yang penting terutama pada laga final karena tentunya semua ingin menang di laga ini dan ini adalah pertandingan yang penting," sambungnya.

Pemain asal Belanda ini berharap, penerapan VAR bisa berlanjut pada kompetisi Liga 1 Indonesia musim depan.

"Jadi saya rasa hal positif dengan penggunaan VAR di sepakbola Indonesia dan saya harap mereka bisa terus melanjutkannya sehingga pertandingan bisa lebih adil dan bersih, serta meningkatkan sepakbola Indonesia," pungkasnya dikutip dari Republik Bobotoh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: