Kemungkinan Penyebab Jatuhnya Heli Presiden Iran, Berkaca dari Kecelakaan Pebasket Kobe Bryant

Kemungkinan Penyebab Jatuhnya Heli Presiden Iran, Berkaca dari Kecelakaan Pebasket Kobe Bryant

Dugaan penyebab kecelakaan helikopter presiden Iran.-istimewa-radarcirebon.com

BACA JUGA:Toni Kroos Umumkan Pensiun, Ingin Persembahkan Trofi Liga Champions untuk Real Madrid

Tulisan itu berjudul “Common causes of helicopter accidents”. Dalam tulisan itu menyebutkan bahwa helikopter lebih terpengaruh oleh perubahan meteorologi di ketinggian rendah.  

“Jalur tegangan tinggi, pohon, bangunan dan tiang, dan lain-lain di darat dapat menimbulkan bahaya kecelakaan pada helikopter,” ungkap Prof Vatandas.

Hal yang sama seperti data analisis dalam jurnal ilmiah yang berjudul “Analysis of Weather-Related Helicopter Accidents and Incidents in the United States”.

Jurnal yang dipublikasi di forum aviasi AAIA 2021 bahwa 28 persen kecelakaan disebabkan oleh pengaruh cuaca yang buruk. Di dalam jurnal ini juga ada sebuah data yang menarik.

BACA JUGA:7 Terpidana Kasus Vina Cirebon Dibawa ke Polda Jabar, Bakal Kembali Diperiksa

Figur 1: Frekuensi kecelakaan berdasarkan perbedaan kondisi cuaca dan tingkat fatalitas [2].

Berdasarkan data tersebut, laporan terbanyak penyebab kecelakaan helikopter di Amerika Sreikat disebabkan oleh angin.

Namun, tingkat fatalitasnya terbilang rendah, namun visibilitas langit-langit, curah hujan, dan kondisi cahaya, memiliki rasio kematian yang sangat tinggi.

Lalu apakah cuaca juga penyebab kecelakaan fatal Heli Presiden Iran?

BACA JUGA:Tanpa Izin Resmi, Polresta Cirebon Amankan Pengedar OKT di Wilayah Susukan

Untuk penyebab pastinya masih belum bisa dipastikan. Karena otoritas Iran sampai saat ini belum memberikan laporan pasti tentang penyebab kecelakaan. 

Namun, berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan sementara bahwa salah satu faktor yang bermain dalam kecelakaan ini dipicu oleh cuaca yang buruk. (*)

SUMBER:

[1]“Common causes of helicopter accidents - School of Applied Sciences,” IGU - İstanbul Gelişim Üniversitesi - Common causes of helicopter accidents - School of Applied Sciences. https://ubyo.gelisim.edu.tr/en/akademik-news-common-causes-of--helicopter-accidents#:~:text=Engine%20breakdown%2C%20tail%2D%20rotor%20failure (accessed May 22, 2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: