Paoman Art, Lestarikan Batik Indramayu dan Berdayakan Perempuan

Paoman Art, Lestarikan Batik Indramayu dan Berdayakan Perempuan

Pengrajin Galeri Batik Paoman Art Indramayu saat membuat batik complongan di pameran yang digelar KPw BI Cirebon, beberapa waktu lalu.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Guna meningkatkan pelestarian batik, pihaknya pun mulai mengembangkan batik pada berbagai produk kerajinan.Di tahun 2010 pihaknya mengeluarkan sister brand Tekav untuk pengembangan batik Indramayu.

Kain batik dihadirkan alam entuk baju anak dengan model yang lebih modern hingga tas dan aksesoris lainnya.

"Kami juga mulai bergabung menjadi UMKM binaan BI dan mulai mengikuti erbagai pameran di luar negeri seperti di tahun 2017 di London dan 2018 di Australia, ini membantu kami mengenalkan Batik Paoman ke kancah internasional," ungkapnya.

BACA JUGA:Saksikan Konferensi Pegi Setiawan, Ibu Langsung Histeris: Mamah Bersumpah Demi Allah Membela Kamu

Aktif mengiuti berbagai pameran baik di dalam negeri hingga luar negeri, dengan menjadi UMKM binaan KPw BI Cirebon, ia juga mengaku banyak mendapatkan keuntungan.

Mulai dari banyaknya pelatihan yang turut meningkatkan bisnis hingga relasi yang mengantarkan pemasaran lebih luas lagi.

Hingga saat ini permintaan dari berbagai negara luar juga terus berdatangan setiap bulannya. Namun ia mengaku belum bisa melayani permintaan ekspor secara mandiri.

"Jepang paling sering melakukan pembelian, namun kami belum bisa memenuhi permintaan ekspor karena belum bisa melakukan produksi dengan jumlah banyak, mengingat pembuatan batik tulis cukup memakan waktu dan jumlah SDM yang tidak banyak," tukasnya.

BACA JUGA:Polda Jabar Tampilkan Pegi Setiawan ke Hadapan Publik, Motor Smash Pink Jadi Petunjuk

Een menambahkan, sejak 16 Desember 2020, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkuham) RI melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual secara resmi menyatakan Batik Tulis Complongan resmi milik Kabupaten Indramayu.

Sertifikat Indikasi Geografis Batik Tulis Complongan Indramayu sangat menguntungkan daerah karena dengan hak paten ini memberikan legalitas formal kepada pengrajin batik tulis complongan, lebih percaya diri dan sebagai pemegang haki dan tentu menjadi hak paten serta tidak akan diklaim oleh daerah lain. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: