Wisata River Tubing di Desa Kubang Kabupaten Cirebon, Wahana Menantang Picu Adrenalin

Wisata River Tubing di Desa Kubang Kabupaten Cirebon, Wahana Menantang Picu Adrenalin

Kubang River Tubing menjadi destinasi baru wisata air di Kabupaten Cirebon, Sabtu 1 Juni 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

"Alhamdulillah di tahun 2025, Bapelitbangda memberikan kesempatan kepada kami Disbudpar Kabupaten Cirebon untuk bersama-sama mengentaskan Desa Kubang dengan potensi River Tubing dan lainnya," katanya.

Dijelaskannya, pengembangan potensi wisata River Tubing di Desa Kubang ini antara lain pembangunan fasilitas permainan flying fox, pembangunan camping ground, pengadaan sarana dan prasarana river tubing dan menyediakan pembangunan spot yang Instagramable.

BACA JUGA:Aksi Simpatik Vina Cirebon Diganti Tabur Bunga, Dihadiri Warga Lintas Daerah

"Kami berkolaborasi dengan berbagai dinas terkait seperti DPUTR, Dishub dan DPMPD untuk mendukung pengembangan wisata di Desa Kubang ini."

"Termasuk juga mencoba menarik investor yang tertarik untuk berinvestasi di Desa Kubang."

"Karena pengelolaan daya tarik wisata atau desa wisata di Kabupaten Cirebon ataupun daerah lainnya juga alangkah lebih baiknya kalau bisa bekerja sama dengan para investor, tidak bisa berdiri sendiri," jelasnya.

Hal senada diungkapkan Kabid LKD dan UEM DPMD Kabupaten Cirebon, Peni Fibririanti. Dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata Desa Kubang, menurur Peni, pihaknya akan memberikan pelatihan-pelatihan bagi BUMDes untuk pengelolaan wisata River Tubing.

"Nanti penglola, BUMDes nya Kita arahkan untuk safetynya pengunjung bagaimana, tempatnya harus seperti apa, menurut standar dari kegiatan ini," katanya. 

Sementara itu, Kabid Bina Kontruksi DPUTR Kabupaten Cirebon, Lukman menyebutkan, pihaknya juga siap mendukung rencana Disbudpar Kabupaten Cirebon untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Desa Kubang.

BACA JUGA:Masyarakat Tabur Bunga di Lokasi Kejadian Kasus Vina Cirebon, Tuntut Penegakan Hukum yang Adil

"Kita bisa membantu itu di akses jalan ke arah sini (Desa Kubang) tapi yang ber SK jalan Kabupaten," sebutnya.

Masih di tempat yang sama, Camat Talun Abdurrouf menjelaskan, hadirnya Kubang River Tubing menambah daftar wahana wisata yang berada di Talun. Hal itu sejalan dengan visi menjadikan Talun sebagai one stop tourism di Cirebon.

"Talun mempunyai banyak variasi destinasi wisata antara lain wisata kuliner, wisata budaya dan sejarah, wisata religi, wisata olahraga, wisata alam, wisata air hingga wisata edukasi," jelasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase