Daop 3 Cirebon Gelar Napak Tilas Jalur KA Pada Perayaan HUT Stasiun Cirebon Ke-112

Daop 3 Cirebon Gelar Napak Tilas Jalur KA Pada Perayaan HUT Stasiun Cirebon Ke-112

Daop 3 Cirebon Gelar Napak Tilas Jalur KA Pada Perayaan HUT Stasiun Cirebon Ke-112-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Stasiun Cirebon didesain oleh Arsitek Belanda bernama Pieter Adriaan Jacobus Moojen yang diresmikan pada 3 Juni 1912 bersamaan dengan dibukanya lintas milik SS Cikampek-Cirebon sejauh 137 kilometer. Stasiun Cirebon di tetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya Berdasarkan SK Menbudpar No:PM. 58/PW.007/MKP/2010.

Stasiun Cirebon terletak di Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Posisi stasiun di Daerah Operasi 3 Cirebon ini termasuk strategis karena berada tidak jauh dari persimpangan dua jalur yaitu menuju Purwokerto-Kroya dan jalur utara ke arah Semarang. Sebagai stasiun besar, semua kereta api kelas komersial (bisnis-eksekutif) berhenti di stasiun ini. Stasiun Cirebon merupakan tipe stasiun satu muka, di mana posisi emplasemen sejajar dengan bangunan stasiun.

Manager humas Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul  menyampaikan bahwa Hari Ulang Tahun ke-112 Stasiun Cirebon jatuh pada tanggal 3 Juni 2023 lalu, KAI Daerah Operasi 3 Cirebon berkolaborasi bersama IRPS dan Cirebon History merayakannya dengan menggelar kegiatan Napak Tilas Jalur KA dari Stasiun Cirebon hingga Jalan Pilang Kota Cirebon yang merupakan jalur KA Non Aktif Cirebon-Kadipaten.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pecinta sejarah dari komunitas Cirebon History dan Indonesian Railways Preservation Society (IRPS) dengan tujuan agar generasi muda khususnya lebih mengenal lagi sejarah panjang perkeretaapian di Cirebon.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Sambut Baik Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik

Untuk lebih memeriahkan Ulang tahun yang ke-112 Stasiun Cirebon, KAI Daop 3 Cirebon juga menyapa para pengguna jasa yang menunggu keberangkatan KA di Stasiun Cirebon serta memberikan souvenir menarik bagi pengguna Aplikasi Access by KAI.

Pada kesempatan yang sama Daop 3 Cirebon senantiasa menghimbau masyarakat untuk disiplin berlalu lintas, terutama pada saat melintasi perlintasan sebidang. Selanjutnya Daop 3 Cirebon bersama Cirebon History dan IRPS melakukan kegiatan Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Sebidang (JPL 200) Jalan Slamet Riyadi Krucuk Kota Cirebon. Sosialisasi ini diisi dengan memberikan himbauan langsung kepada masyarakat pengguna jalan raya agar lebih disiplin berlalulintas.

Kegiatan sosialisasi diisi dengan membentangkan spanduk himbauan keselamatan, pemberian flyer keselamatan, serta merchandise kepada para pengguna jalan yang melewati pintu perlintasan tersebut. Dengan tagline "BERTEMAN" (Berhenti, Tengok Kanan-Kiri, Aman, Jalan) diharapkan hal tersebut menjadi perhatian para pengguna jalan raya, mengingat saat ini arus lalu lintas kendaraan lebih padat dan kecepatan perjalanan kereta api 120 km/jam.

"KAI mengajak seluruh pengguna jalan untuk bersama-sama menaati rambu-rambu yang ada serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api," tutup Rokhmad .

BACA JUGA:Farhat Abbas Cs mendatangi PN Kota Cirebon Tanpa Titin, Tim Pengacara Saka Tatal Pecah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: