Cegah Stunting, Yuh Gasnang Wong Cirebon Salurkan Bantuan PMT di Posyandu RW 09 Kelurahan Kesunean

Cegah Stunting, Yuh Gasnang Wong Cirebon Salurkan Bantuan PMT di Posyandu RW 09 Kelurahan Kesunean

Cegah Stunting, Yuh Gasnang Wong Cirebon Salurkan Bantuan PMT di Posyandu RW 09 Kelurahan Kesunean-Abdullah -radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sejumlah anak muda yang tergabung dalam komunitas Yuh Gasnang Wong Cirebon menyalurkan bantuan paket makanan tambahan (PMT) di Posyandu RW 09 Kelurahan Kesunean, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Sabtu (15/6/2024).

Koordinator Yuh Gasnang Wong Cirebon, Maulana Yusuf, mengatakan, PMT yang berisi susu, pisang, dan telur tersebut dibagikan kepada seluruh balita yang mengikuti Posyandu RW 09 Kelurahan Kesunenan. Pembagian PMT itu untuk mencegah kasus stunting di Kota Cirebon.

“Alhamdulillah, pembagian PMT ini mendapat banyak positif dari masyarakat setempat. Melalui kegiatan ini juga kami mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Cirebon untuk bersama-sama mencegah stunting sejak dini di kalangan anak-anak,” ujarnya.

Menurutnya, stunting bisa dicegah sejak dini melalui pemberian asupan makanan bernutrisi kepada anak-anak. Sehingga kebutuhan gizinya terpenuhi dan tidak mengalami stunting. Kegiatan semacam itu merupakan kontribusi Yuh Gasnang Wong Cirebon dalam menyiapkan Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA: Cetak 2 Gol, Kebobolan 24 Gol, Hasil Timnas Indonesia U20 di Toulon Cup 2024

Maulana menyebutkan, jenis makanan bergizi yang dipasarkan juga telah dikoordinasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat. Pasalnya, Posyandu RW 09 telah menyiapkan makanan tambahan bubur kacang hingga akhirnya menyiapkan susu, pisang, dan telur.

“Kami menyiapkan 150 PMT untuk seluruh balita yang mengikuti Posyandu RW 09 Kesunean. Alhamdulillah seluruh paket tersebut telah dibagikan kepada masyarakat, dan semoga ini menjadi bagian dari pencegahan stunting di Kota Cirebon,” ujarnya.

Pihaknya mengakui, kegiatan kali ini merupakan titik awal dari langkah Yuh Gasnang Wong Cirebon dalam menekan angka stunting. Rencananya, program serupa akan dilaksanakan di berbagai titik lainnya untuk mendukung upaya menekan angka stunting di Kota Cirebon.

Yuh Gasnang Wong Cirebon sendiri merupakan komunitas yang membentuk anak muda yang peduli Kota Cirebon. Mereka mulai bergerak dari tingkat bawah membawa misi aspirasi masyarakat untuk sampai ke telinga calon para calon yang ikut berkontestasi di Pilkada Serentak 2024.

“Kami sebagai anak-anak muda mendorong para pemimpin di Kota Corebon untuk lebih peka lagi terhadap keluhan yang disampaikan masyarakat. Insyaallah, ini langkah awal kami untuk mewujudkan berbagai aksi nyata ke depan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kesaksian Sebenarnya Liga Akbar, Akui Bertemu Vina dan Eky di Sebuah Warung

Sementara Tokoh Muda Cirebon, Suhendrik, mengapresiasi aksi kepedulian anak muda yang tergabung dalam Yuh Gasnang Cirebon. Sebab, mereka telah menunjukkan aksi nyata khususnya dalam pencegahan stunting melaui PMT di Posyandu RW 09 Kelurahan Kesunean.

Terlebih lagi, berdasarkan data BPS Kota Cirebon pada tahun 2023 jumlah keluarga berisiko stunting di Kecamatan Lemangkuk yang mencapai 4039 peringkat ketiga setelah Kecamatan Harjamukti yang mencapai 8297 dan Kecamatan Kesambi 4902.

Sedangkan di Kecamatan Kejaksan jumlah keluarga berisiko stunting mencapai 2558 dan di Kec Pekalipan tercatat mencapai 1894. Pihaknya berharap, upaya semacam itu mampu mengintervensi penanganan stunting di Kota Cirebon yang hingga tahun 2023 mencapai 17 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: