Usung ecoNusantara, Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon Raih Juara 2 Lomba Web Development

Usung ecoNusantara, Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon Raih Juara 2 Lomba Web Development

PRESTASI: Tim Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon mencatatkan prestasi membanggakan di tingkat nasional. -istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tim Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon kembali mencatatkan prestasi membanggakan di tingkat nasional. Melalui lomba Web Development dalam acara I/O Festival tingkat Nasional yang digelar BEM Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara (BEM FTI Untar), tim mahasiswa STMIK IKMI Cirebon berhasil meraih juara 2.

Tim mahasiswa STMIK IKMI Cirebon yang terdiri dari Muhammad Khoirul Huda (Prodi Rekayasa Perangkat Lunak), Salman Alfarizi (Prodi Rekayasa Perangkat Lunak) dan Barnadi (Prodi Teknik Informatika) berhasil menjadi juara setelah sukses mempresentasikan dengan baik proyek website mereka.

Mengusung ecoNusantara, proyek website mereka berhasil memikat hati para dewan juri untuk mengungguli peserta lainnya dari sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

I/O Festival sendiri merupakan lomba tingkat Nasional untuk pelajar SMA/SMK dan mahasiswa perguruan tinggi se Indonesia yang digelar oleh BEM Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara (BEM FTI Untar) pada 12-13 Juni 2024 lalu. Selain, Web Development, dalam acara tersebut juga dilombakan, UI/UX Desain, Bussiness Plan hingga Game Development.

BACA JUGA:Dua Terduga Pelaku Penganiayaan di Desa Mekarjaya, Diamankan Polres Indramayu

Salman Al Farizi mengungkapkan bahwa dalam proses membuat proyek ecoNusantara, dimulai dengan riset untuk menentukan tema utama yang akan diusung. Proyek ecoNusantara sendiri kata, Salman mengusung tiga pilar Nusantara, yakni Wisata, Rempah-rempah dan Kuliner Nusantara.

“Di Indonesia sendiri kan terkenal dengan kekayaan alamnya, mulai dari tempat wisata, rempah-rempah dan kulinernya. Sehingga kami memilih tema ini untuk diangkat sebagai tema utama," kata Salman.

Setelah melakukan riset terkait tema yang akan diusung, mereka juga harus menentukan desain website dan membuat kode pemograman agar tampilan website bersifat dinamis dan menarik.

Dengan meraih juara 2 dalam lomba tingkat nasional, kata Muhammad Khoirul Huda membuat mereka semakin terpacu untuk membuat website yang inovatif dan bermanfaat untuk masyarakat. "Kami merasa sangat bersyukur dan bangga. Prestasi ini membuat kami semakin terdorong untuk membuat website yang lebih inovatif dan bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA: 60 Peristiwa Kebakaran di Kabupaten Cirebon Sejak Januari Sampai Juni 2024, Naik atau Turun?

Sementara itu, staf pembina kegiatan kemahasiswaan STMIK IKMI Cirebon mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi prestasi yang telah dicapai Muhammad Khoirul Huda, Barnadi dan Salman Al Farizi tersebut. Nana menyebut, STMIK IKMI Cirebon mendorong mahasiswa untuk menorehkan prestasi, baik di bidang akademik maupun akademik.

“Semoga dengan prestasi ini, mahasiswa STMIK IKMI Cirebon semakin kreatif dan inovatif. STMIK IKMI Cirebon juga selalu memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik," pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: