Yang Terbaru dari Objek Wisata Talaga Biru Cicerem Kuningan, Ada Taman di Goa Aki Dama

Yang Terbaru dari Objek Wisata Talaga Biru Cicerem Kuningan, Ada Taman di Goa Aki Dama

Bumdes Arya Kamuning kembali menghadirkan wahana terbaru untuk menyambut wisatawan Talaga Biru Cicerem di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Foto:-Bubud Sihabudin-Radarcirebon.com

"Ya memasuki pertengahan tahun ini, kami kembali menghadirkan wahana terbaru untuk menyambut wisatawan,” demikian dikatakan oleh Direktur Bumdes Arya Kamuning, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Iim Ibrahim.

“Kami yakin, kehadiran objek wisata baru ini akan mendongkrak jumlah kedatangan wisatawan. Apalagi kami juga menambah berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan pengunjung," imbuhnya.

BACA JUGA:Waduh! Kejari Kota Cirebon Gledah Perumda BPR Bank Cirebon

BACA JUGA:Olimpiade Keuangan Syariah Diikuti Pelajar di Indonesia

Para pengunjung juga tidak akan kesulitan memarkirkan kendaraannya lantaran pihak pengelola sudah melakukan perluasan area parkir. 

Begitu juga untuk istirahat pengunjung, sudah tersedia pendopo, ditambah wahana akuarium dan jembatan ikonik.

Dengan wajah baru di bukit bebatuan dan gua Aki Dama, lanjut Iim, kini menjadi daya tarik baru pasca penataan. 

Di lokasi ini telah hadir taman untuk swafoto serta penambahan sarana pedestrian dan fasilitas musala yang cukup memadai. 

"Selain itu, Bumdes mulai merintis upaya pelestarian seni tradisional degung dan calung supaya beregenerasi. Kami menargetkan, pelaku seni ini akan lahir lebih banyak dari kalangan generasi muda di Desa Kaduela," ujar Iim dengan nada optimistis, akhir pekan kemarin.

Menurut peraih penghargaan Person of The Year Tahun 2023 dari Harian Umum Radar Cirebon Group itu, pelestarian ini akan diwujudkan dalam bentuk sanggar seni yang diberi nama Riineka Seni Gentra Budaya yang dipimpin seniman setempat Samad MPd. 

"Ke depan, sanggar seni ini akan dipersiapkan untuk menyambut  wisatawan Talaga Biru. Sehingga wisata ini bukan sekadar wisata alam, edukasi dan hiburan saja tetapi meliputi wisata seni budaya dan wisata religi,” tambah Iim.

Informasi lainnya, kehadiran manajemen Bumdes Arya Kamuning telah membawa Desa Kaduela menjuarai perlombaan di sektor pariwisata tahun 2023. Di mana desa ini meraih juara II Anugerah Desa Wisata dari Kemendes PDTI RI. 

Terbaru, Desa Kaduela sedang mengikuti Lomba Desa Wisata 2024 yang digelar Kemenparekraf RI. Dari 6.000 desa wisata se Indonesia, Desa Kaduela untuk sementara telah menempati posisi 50 besar dan diharapkan menjadi kandidat desa wisata terbaik di 2024. (Bubud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: