ShopTokopedia Mall Resmi Diluncurkan, Lanjutkan Sinergi Positif Tokopedia dan ShopTokopedia

ShopTokopedia Mall Resmi Diluncurkan, Lanjutkan Sinergi Positif Tokopedia dan ShopTokopedia

Konferensi Pers Peluncuran ShopTokopedia Mall di Jakarta (19/07/2024) mendukung ekspansi dan eskalasi bisnis pelaku usaha sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam bertransaksi daring dihadiri oleh (Ki-Ka) Tobi Gunawan, Founder INTHEBOX, Stephan-istimewa-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Tren e-commerce di Indonesia masih terus meningkat. Menurut Bank Indonesia, secara volume, transaksi e-commerce naik dari 3,49 miliar kali pada tahun 2022 menjadi 3,71 miliar kali pada tahun 2023. Sementara nilai transaksi e-commerce pada tahun 2023 mencapai Rp453,75 triliun.

Tokopedia dan ShopTokopedia pun terus berupaya mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia, sekaligus memperkaya pengalaman pengguna dalam bertransaksi online, untuk bersama-sama berkontribusi terhadap perekonomian digital nasional.

Senior Director of Ecommerce Shop | Tokopedia, Stephanie Susilo, mengatakan, "Tokopedia dan ShopTokopedia melengkapi satu sama lain demi membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia dari berbagai skala bisnis menjangkau pasar lebih luas dan makin menjadi pilihan masyarakat. Salah satunya lewat peluncuran ShopTokopedia Mall hari ini (19/07/2024). Melalui ShopTokopedia Mall, kami ingin membantu pelaku usaha di Indonesia melakukan ekspansi dan eskalasi bisnis sekaligus meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi daring."

Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia hasilkan dampak positif
Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat ada kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform. Di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023. Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024.

BACA JUGA:Dipuji Australia, Dipermasalahkan Vietnam, Stadion Piala AFF U19 2024

"Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menghasilkan berbagai dampak positif. Peningkatan jumlah penjual di masing-masing platform membuat Tokopedia dan ShopTokopedia saat ini terdiri atas lebih dari 21 juta penjual. Hal ini memungkinkan masyarakat mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik," jelas Stephanie.

Menurut hasil survei MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia menarik lebih banyak pengguna loyal. Tercatat 79% pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia dan 77% pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia. Alasannya yaitu pengguna ingin merasakan berbagai fitur inovatif sekaligus pengalaman baru berbelanja online.

Berdasarkan data internal Tokopedia maupun ShopTokopedia, berbagai kampanye kolaborasi antara dua platform juga berhasil meningkatkan transaksi para penjual. "Misalnya, kampanye Ramadan Ekstra Seru membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%, Promo Guncang 5.5 meningkatkan transaksi sebesar lebih dari 66%, dan Promo Guncang 6.6 membuat transaksi naik lebih dari 72%," ungkap Stephanie.

ShopTokopedia Mall Bantu Pelaku Usaha Ekspansi dan Eskalasi Bisnis
Melanjutkan sinergi positif antara Tokopedia dan ShopTokopedia, hari ini ShopTokopedia Mall secara resmi diluncurkan. Riset dari Toluna di SEA pada tahun 2023 mengungkapkan bahwa 87% pengguna lebih memilih berbelanja dari toko yang bersertifikasi resmi. 81% pengguna juga bersedia membayar lebih demi rasa aman yang lebih tinggi dengan berbelanja melalui toko resmi.

BACA JUGA:Emak-emak Kompak Ngecat Kelas 1 SDN Klayan, Dukung Anak Sekolah

Stephanie mengungkapkan, "Di Tokopedia, misalnya pada kategori produk Fashion, sejumlah pelaku usaha mengalami rata-rata peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat setelah menjadi Official Store (sumber: Tokopedia, semester I 2024). Hal tersebut melatarbelakangi ShopTokopedia meluncurkan ShopTokopedia Mall."

"Penjual di ShopTokopedia yang berstatus 'Mall' bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan visibilitas toko/produk lewat sederet keuntungan, antara lain: mendapatkan badge khusus 'Mall' yang bisa menaikkan kepercayaan pembeli, serta pengelolaan toko/produk yang lebih eksklusif, dan voucher pengiriman spesial. Penjual bisa menikmati solusi pemasaran yang lebih komprehensif untuk mendapatkan eksposur yang lebih tinggi, dengan hadir di berbagai posisi strategis pada consumer purchase journey seperti di banner utama, atau mengikuti berbagai kampanye ekslusif salah satunya promo tanggal kembar. Data internal ShopTokopedia menunjukkan bahwa sepanjang semester I 2024, penjual berstatus 'Mall' mengalami pertumbuhan bisnis hingga 3 kali lipat lebih tinggi," kata Stephanie.

ShopTokopedia Mall tingkatkan pengalaman belanja online
ShopTokopedia bekerja sama dengan sederet toko resmi menghadirkan 'Mall' demi mempermudah masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan. Lewat ShopTokopedia Mall, masyarakat bisa mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan jaminan 100% asli, gratis ongkos kirim (ongkir), dan gratis 15 hari pengembalian.

Cara mengakses ShopTokopedia Mall juga sangat mudah.
1. Buka aplikasi TikTok,
2. Klik ShopTokopedia
3. Klik 'Mall'

BACA JUGA:Gaji Guru Madrasah Sajuta

Penjualan Aerostreet Naik Drastis di Tokopedia dan ShopTokopedia Mall
Adhitya Caesarico mewujudkan mimpi menghadirkan alas kaki berkualitas tinggi dan harga terjangkau dengan memulai bisnis Aerostreet pada tahun 2015. "Aerostreet terus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memperkaya jenis produk dan merambah ke apparel. Kini sudah ada lebih dari 2.000 produk yang diproduksi dan dipasarkan oleh Aerostreet," jelas Rizal Maulana, Vice President Aerostreet.

Kepopuleran Aerostreet tidak lepas dari komitmen mempertahankan kualitas produk sejak pertama kali berdiri. Misalnya, dalam memproduksi sepatu, Aerostreet menggunakan teknologi injeksi tanpa pengeleman agar sepatu menjadi lebih awet. Aerostreet juga memproduksi produk apparel sendiri demi menjaga kualitas. Aerostreet fokus akan keberlanjutan UMKM lokal, seperti dengan mengupayakan seluruh bahan baku produk berasal dari perajin atau pelaku usaha lokal khususnya di sekitar Jawa. Aerostreet kerap mengadakan kegiatan sosial yang bisa berdampak positif kepada masyarakat, salah satunya program donasi ribuan pasang sepatu sekolah yang telah dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Papua.

Aerostreet memanfaatkan platform digital sejak tahun 2019, dan sangat merasakan dampak yang signifikan terutama saat pandemi dimulai. "Saat pandemi, seluruh distributor offline Aerostreet harus tutup dan penjualan menurun drastis. Keberadaan platform digital seperti Tokopedia menjadi penyelamat Aerostreet hingga bisa mempertahankan bisnis di pandemi bahkan mengalami kenaikan penjualan online berkali-kali lipat," jelas Rizal.

Aerostreet terus beradaptasi dengan bergabung di ShopTokopedia. "Kami memanfaatkan live shopping di media sosial TikTok untuk meningkatkan penjualan di ShopTokopedia. Aerostreet berhasil menjual ribuan produk per hari lewat ShopTokopedia. Aerostreet bisa melakukan live shopping selama 24 jam," ungkap Rizal.

BACA JUGA:Persib Kesulitan Datangkan Pemain Asing Kedelapan, Bobotoh Tuding Karena Ini

"Aerostreet akhirnya bergabung di ShopTokopedia Mall. Tidak hanya meningkatkan kepercayaan pembeli, badge 'Mall' di ShopTokopedia juga berhasil meningkatkan followers dan penjualan Aerostreet. Setelah bergabung dengan ShopTokopedia Mall, penjualan Aerostreet meningkat signifikan. Selain itu, Aerostreet mendapatkan banyak dukungan seperti promosi eksklusif yang juga meningkatkan eksposur brand sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi," kata Rizal.

INTHEBOX tingkatkan kepercayaan konsumen lewat Tokopedia dan ShopTokopedia Mall
INTHEBOX merupakan brand lokal yang menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan tidur, seperti kasur, bantal, dan guling, dengan memberdayakan sekitar 500 karyawan melalui pabrik di Bandung, Jawa Barat, sekaligus berbagai cabang offline store di Indonesia. Pemilik INTHEBOX, Tobi Gunawan mengatakan, "Menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi merupakan komitmen utama kami dalam berbisnis. Salah satunya dengan menggunakan bahan baku lokal berkualitas ekspor."

INTHEBOX mendapatkan pegas kasur dari supplier lokal di Surabaya, Serang, dan Tangerang. Sedangkan untuk material lain, seperti kain dan lapis kasur, INTHEBOX memproduksi sendiri dan mengolah limbah garmen hasil produksi. Dengan cara ini, INTHEBOX memastikan bahan baku yang digunakan tidak tersisa sia-sia.

INTHEBOX melakukan pemilahan limbah produktif dan nonproduktif, serta bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengelola limbah yang mengandung bahan berbahaya. INTHEBOX juga aktif
membantu korban bencana alam di Indonesia. Misalnya, pada saat banjir bandang di Cianjur atau gempa bumi di Yogyakarta, INTHEBOX mengirim kasur yang dapat digunakan oleh korban bencana alam.

BACA JUGA:Hyundai Motors Indonesia Kembangkan Aliansi Pengisian Daya dengan Mitra Charging Point Operator

INTHEBOX terus beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital, seperti Tokopedia sejak tahun 2017, dan ShopTokopedia sejak tahun 2021. "Dua platform ini menawarkan jenis audiens yang berbeda sehingga bisa mendukung perluasan pasar INTHEBOX," ujar Tobi. Di Tokopedia, INTHEBOX ikut berbagai kampanye untuk menaikkan penjualan, misalnya Waktu Indonesia Belanja, dan Beli Lokal. INTHEBOX juga menjadi Official Store Tokopedia untuk menaikkan kredibilitas toko, dan berkat hal ini, penjualan INTHEBOX naik 6 kali lipat dibandingkan sebelum menjadi Official Store Tokopedia.

Sedangkan di ShopTokopedia, INTHEBOX sering melakukan live shopping di media sosial TikTok untuk meningkatkan penjualan. Konten yang informatif dan kreatif di live shopping bisa meningkatkan minat beli. "Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, INTHEBOX bergabung dengan ShopTokopedia Mall. Melalui badge 'Mall' ini, konsumen lebih yakin dan merasa aman untuk membeli produk INTHEBOX," jelas Tobi. Setelah bergabung dengan ShopTokopedia Mall, penjualan INTHEBOX naik secara signifikan.

Somethinc tingkatkan eksposur lewat Tokopedia dan ShopTokopedia Mall
Berawal dari keinginan membuat skincare dan make up yang cocok dengan spesifikasi kulit masyarakat Indonesia, Benny Yahya dan Irene Ursula mendirikan Somethinc pada tahun 2019. "Somethinc mengusung value 'customer obsessed' dengan selalu memperhatikan konsumen dalam berinovasi agar setiap produk yang dihasilkan sesuai kebutuhan konsumen. Awalnya, Somethinc hanya memproduksi serum, namun terus berkembang hingga saat ini menawarkan sekitar 350 jenis produk," jelas Benny.

Meski telah berkembang pesat dan selalu konsisten dalam berinovasi menciptakan produk yang menjadi kebutuhan kulit masyarakat Indonesia, Somethinc tidak lupa untuk peduli dengan menjaga keberlangsungan makhluk hidup dan alam sekitar melalui produk-produknya.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih Kemenangan Dalam Ajang Derap Kerja Sama Jakarta 2024

Hal tersebut dibuktikan oleh Somethinc dengan memperhatikan pengolahan limbah, salah satunya adalah dengan memiliki program daur ulang kemasan yang sudah terpakai. "Konsumen bisa mengembalikan limbah kemasan produk Somethinc yang nantinya bisa didaur ulang menjadi barang kebutuhan," jelas Benny. Selain itu, Somethinc kini telah memberdayakan sekitar 1.000 karyawan dan juga aktif melalukan kegiatan sosial seperti penanaman 10.000 bibit pohon di pantai utara Jawa.

Lebih lanjut, Benny yang juga menjabat sebagai Direktur PT Royal Pesona Indonesia (Somethinc) mengungkapkan hal apa yang cukup menantang selama membesarkan somethinc. "Pemasaran merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh Somethinc. Selain dengan metode word-of-mouth, Somethinc memanfaatkan platform digital untuk terus meningkatkan brand awareness dan penjualan di tengah ketatnya persaingan antara brand skincare lokal lain," ungkap Benny.

Sebagai informasi, Somethinc sendiri telah bergabung dengan Tokopedia sejak tahun 2019, sedangkan ShopTokopedia pada tahun 2021 dan diakui Benny bahwa kedua platform digital tersebut telah dampak positif terhadap perkembangan Somehinc. "Lewat pemanfaatan kedua platform digital ini, Somethinc merasakan dampak positif terhadap perluasan pasar maupun penjualan karena eksposur yang lebih besar," lanjut Benny.

Untuk meningkatkan eksposur, Somethinc rutin mengikuti berbagai kampanye dan memanfaatkan fitur di Tokopedia sekaligus bergabung di Official Store Tokopedia untuk menikmati solusi pemasaran yang lebih komprehensif dan mendapatkan eksposur yang lebih tinggi, dengan hadir di berbagai posisi strategis pada consumer purchase journey. "Sejak bergabung menjadi Official Store Tokopedia, Somethinc merasakan peningkatan penjualan yang sangat signifikan bahkan diatas ekspektasi sebagai dampak positif karena selalu mengoptimalkan platform digital ini," papar Benny.

BACA JUGA:Soal Program Pengangkatan Tenaga Honorer Jadi ASN 2024, Begini Penjelasan MenPANRB

Somethinc terus melakukan live shopping dan membuat berbagai konten kreatif serta informatif di media sosial TikTok untuk terus mendorong penjualan di ShopTokopedia. Kini ShopTokopedia Mall menjadi salah satu kontributor untuk mendukung pertumbuhan dari penjualan online Somethinc. "Untuk terus melakukan eskalasi dan ekspansi bisnis, Somethinc bergabung di ShopTokopedia Mall.

Dengan bergabung di ShopTokopedia Mall, Somethinc juga mendapatkan solusi pemasaran yang lebih komprehensif serta mendapatkan eksposur yang lebih tinggi. Alhasil, brand awareness Somethinc terus meningkat di tengah persaingan brand kecantikan yang ketat di Indonesia. Penjualan Somethinc pun setelah bergabung dengan ShopTokopedia Mall terus mengalami peningkatan luar biasa," tutup Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: