Tingkatkan Ketahanan Pangan di Desa Kubang, Satgas TMMD Bantu Petani Kelola Sawah

Tingkatkan Ketahanan Pangan di Desa Kubang, Satgas TMMD Bantu Petani Kelola Sawah

Sejumlah personel dalam Satgas TMMD ke-121 Kodim 0620/Kabupaten Cirebon saat membatu garapan lahan sawah di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Senin (5/8/2024).-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 0620/Kabupaten Cirebon aktif mendukung ketahanan pangan di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

Pengaplikasian itu diterapkan pada pelaksanaan TMMD yang melibatkan anggota Satgas dari TNI dan Polri dengan turun tangan membantu petani mengelola sawah mereka.

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Aditya Wira Respati, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI AD terhadap masyarakat.

Mekanisme tersebut sebagai langkah aktif dalam menunjang ketahanan pangan di level pusat hingga daerah.

BACA JUGA:Kasus Vina Cirebon, 7 Terpidana Buka Suara Kepada Tim Khusus Kapolri

"Membantu petani mengolah sawah tidak hanya untuk menjaga ketahanan pangan, tetapi juga mempercepat masa tanam. Ini bagian penting kami di TMMD yang salahsatu programnya menyasar permasalahan di masyarakat," ungkapnya.

Dandim menerangkan, elemen dari berbagai unsur dilibatkan yang tentunya untuk mencapai program sesuai yang direncanakan.

Aditya menambahkan, beberapa progres pembangunan fisik antara lain pembuatan TPT dan badan jalan mencapai 75 persen.

Pengerasan jalan lingkar Kliwon 10 persen, pembuatan jembatan Cikabar 100 persen, serta pipanisasi 500 meter sebesar 25 persen.

BACA JUGA:Wanita Asal Arjawinangun Jual Tramadol, Kombes Sumarni: Mending Jual Bakso!

Selain itu, telah dilaksanakan penyuluhan wawasan kebangsaan, bahaya kebakaran, pelayanan KB gratis, pengobatan gratis, dan pelayanan pembuatan SIM dengan progres yang bervariasi.

"Kegiatan TMMD di Desa Kubang ini mencakup berbagai sasaran fisik dan non-fisik. Garapan sektor pertanian menjadi salahsatunya,"terangnya.

Muktar, salah seorang petani Desa Kubang, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI dan Polri.

"Terima kasih kepada TNI dan POLRI yang tergabung di Satgas TMMD ke-121 Kodim 0620/Kab. Cirebon yang telah membantu mencangkul tanah di sawah saya, sehingga sawah lebih cepat untuk ditanami," ucapnya.(cep)

BACA JUGA:26 Tersangka Narkoba Diciduk Polresta Cirebon, 1 Perempuan Asal Arjawinangun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: