Kajian Kapasda Selesai, CDOB Cirebon Timur Tinggal Dua Langkah Lagi, FCTM Grudug Gedung Sate Pekan Depan

Kajian Kapasda Selesai, CDOB Cirebon Timur Tinggal Dua Langkah Lagi, FCTM Grudug Gedung Sate Pekan Depan

Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) menggelar konferensi pers menyampaikan perkembangan terkini perihal langkah CDOB Cirebon Timur, Jumat 9 Agustus 2024.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-RADARCIREBON.COM

Kemudian, kita juga akan kejar surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar CDOB Cirebon Timur menjadi skala prioritas menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional JBB Kembangkan Program TJSL Kampung Sirih di Shafthi

BACA JUGA:Penampakan Saka Tatal saat Jalani Sumpah Pocong Terkait Kasus Vina Cirebon

"2025 ditingkat pusat selesai berikut dicabutnya moratorium DOB oleh Presiden baru," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Taufik jug mengingatkan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk segera merancang dan menetapkan titik 0 Km di calon ibu kota Cirebon Timur. 

"Hal ini penting sebagai langkah awal dalam perencanaan tata ruang wilayah calon Daerah Persiapan," tegasnya.

Dia menjelaskan bahwa FCTM berkomitmen untuk mengadvokasi Pemerintah kabupaten Cirebon dalam menyusun kebijakan yang berbasis kearifan lokal terkait Cirebon Timur.

BACA JUGA:Kawasan Trusmi Akan Disulap Jadi Malioboronya Cirebon?

Termasuk perancangan logo daerah dan penggalian kekhasan budaya. Ini bertujuan untuk memperkuat identitas dan karakter Cirebon Timur.

"Kami mengajak Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat dalam mempercepat pembangunan yang merujuk kepada indikator-indikator Kapasitas Daerah Cirebon Timur yang masih kurang."

"Hal ini penting untuk memenuhi syarat pembentukan Daerah Persiapan sesuai dengan prinsip dikembangkan terlebih dahulu lalu dimekarkan," jelasnya.

Kepada masyarakat Cirebon Timur, FCTM mengajak untuk bersiap dan bersama-sama membangun daerah, terutama dalam aspek-aspek yang masih memerlukan peningkatan. 

BACA JUGA:Kebakaran di Kuningan, Benarkah Karena Disengaja

Serta menekankan bahwa ini adalah tugas mulia bersama demi masa depan generasi mendatang.

"Mari kita wujudkan Cirebon Timur sebagai Daerah Persiapan Otonomi Baru yang mandiri. Bersama-sama, kita bangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase