Shin Tae-yong Disalahkan Imbas Tak Panggil Elkan Baggott Buat Kualifikasi Piala Dunia, Sumardji Angkat Bicara

Shin Tae-yong Disalahkan Imbas Tak Panggil Elkan Baggott Buat Kualifikasi Piala Dunia, Sumardji Angkat Bicara

Shin Tae-yong tak panggil Elkan Baggott untuk Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.-Elkan Baggott/Ig-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jadi perbincangan sebab ia tak memanggil Elkan Baggott buat daftar pemain yang akan bertanding di Kualifikasi Piala Dunia.

Sempat disalahkan, pelatih asal Korea Selatan tersebut tetap bergeming dengan tidak memberikan alasan khusus terkait tidak memanggil bek jangkung untuk dimainkan pada putaran ketiga.

Karena ramai jadi sorotan, akhirnya Sumardji sebagai Manajer Timnas sekaligus Kepala Badan Tim Nasional (BTN) angkat bicara mengenai perdebatan tentang Elkan.

"Dia belum masuk daftar pemanggilan pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia (saat lawan Arab Saudi dan Australia) alasannya, menyesuaikan kebutuhan tim pada masing-masing posisi" ujar Sumardji.

BACA JUGA:Meriahnya Festival ANTV Rame di Stadion Watubelah, Rayakan Hari Kemerdekaan Sekaligus Nikmati Hiburan

Dari pernyataan Manajer Timnas, bisa juga diartikan sebagai posisi skuad Garuda untuk sektor bek, rasanya sudah cukup terisi karena banyaknya pemain yang bisa mengisi posisi tersebut.

Bek biasanya berada di sektor belakang dekat penjaga gawang, pertahanan yang harus dimiliki seorang bek itu harus kuat dan bisa untuk lakukan save seperti tekel bersih guna menjegal lawan.

Untuk posisi tersebut, skuad Garuda terutama Shin Tae-yong selalu mempercayai Rizky Ridho, Justin Hubner, Jay Idzes. Dalam formasi 3-5-2 yang pernah dipasang STY sewaktu melawan Filipina.

Terkadang nama seperti Jordi Amat juga biasa dipanggil coach Shin untuk mengisi sektor bek, tapi Amat berhalangan hadir sebab akumulasi kartu yang menimpa dirinya.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Cirebon Pimpin Upacara HUT ke-79 RI, Tegaskan Komitmen Terhadap Transformasi dan Pembangunan

Adapun pemain Persib Bandung seperti Marc Klok pernah juga dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk menjadi bek di Timnas Indonesia, tapi Klok juga bernasib sama seperti Elkan yang tidak dipanggil. 

Pun nama-nama seperti Calvin Verdonk, Asnawi Mangkualam, mereka berdua juga pernah dipasangkan oleh STY untuk menjadi bek tengah bersama gelandang tengah.

Dari situ, posisi pertahanan skuad Garuda sudah diisi banyak pemain, namun dengan absennya Jordi Amat, dan Justin Hubner yang sama-sama kena akumulasi kartu, posisi bek jadi sedikit lowong.

Sayang jika posisi lowong tersebut tidak diisi oleh bek yang kompeten seperti Elkan Baggott, ia tercatat bersama klub barunya Blackpool, bisa menjadi pemain bertahan yang bisa diandalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: