Akhirnya Maarten Paes Bisa Satu Seragam dengan Pemain Timnas Indonesia, Sudah Lolos CAS?

Akhirnya Maarten Paes Bisa Satu Seragam dengan Pemain Timnas Indonesia, Sudah Lolos CAS?

maarten paes-instagram maartenpaes-radarcirebon

RADARCIREBON.COM- Maarten Paes, penjaga gawang berusia 26 tahun, kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak April 2024.

Banyak yang berharap Maarten Paes bisa satu seragam dengan pemain timnas Indonesia lainnya.

Namun, meskipun telah menjadi WNI, Paes masih belum dapat memperkuat Timnas Indonesia karena proses perpindahan federasi sepak bola internasionalnya belum selesai.

Masalah ini terkait dengan Regulasi FIFA Artikel 9 Paragraf 2, yang menyatakan bahwa seorang pemain tidak diperbolehkan pindah federasi jika pernah bermain untuk negara lain setelah melewati usia 21 tahun.

BACA JUGA:Bangga! Dari Presiden FIFA Hingga Klub Promosi Series A Sampaikan Ucapan HUT RI ke-79

Sebelumnya, Paes pernah memperkuat Timnas U-21 Belanda pada 15 November 2020, dalam Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021. Saat itu, ia berusia 22 tahun, dan jadwal pertandingan sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Keterlambatan proses perpindahan federasi ini memaksa PSSI untuk membawa kasus Maarten Paes ke pengadilan arbitrase olahraga (CAS).

Sidang tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 18 Agustus 2024, dengan harapan PSSI bisa memenangkan perkara ini dan mendapatkan izin bagi Paes untuk bermain di Timnas Indonesia.

Hamdan Hamedan, salah satu pengurus PSSI, optimistis bahwa PSSI memiliki peluang besar untuk memenangkan kasus ini.

BACA JUGA:Ada 2 Kejutan Besar Untuk Timnas Indonesia, Ole Romeny Sudah Masukin Berkas dan Potensi Gelandang Baru Timnas!

Menurutnya, situasi pandemi yang memaksa penundaan turnamen UEFA memungkinkan adanya pengecualian dari aturan usia tersebut.

“Kasus Paes ini merujuk pada Regulasi FIFA Artikel 9 Paragraf 2 yang menyatakan bahwa pemain tidak boleh lebih dari usia 21 tahun ketika bermain membela negaranya,” ujar Hamdan Hamedan. “Maarten Paes bermain di Timnas U-21 Belanda ketika berusia lebih dari 21 tahun karena adanya penundaan turnamen akibat Covid-19. Kondisi ini diperbolehkan oleh UEFA sebagai pengecualian.”

Hamdan menambahkan bahwa dalam situasi tertentu, seperti pandemi global atau bencana alam, regulasi FIFA dapat memberikan pengecualian untuk perpindahan federasi.

Ia berharap bahwa dengan pendekatan kasus per kasus, Maarten Paes dapat segera memperkuat Timnas Indonesia.

BACA JUGA:15 Daftar Pemain Diaspora Mayoritsa Gabung Klub Eropa! 2 Pemain Tanpa Klub dan 1 Pemain Baru Gabung Klub

Sementara itu, kabar yang mencuat pada Kamis, 15 Agustus 2024, menyebutkan bahwa FIFA telah mengadakan sidang di CAS untuk membuat keputusan terkait status kewarganegaraan Maarten Paes.

Kabar tersebut juga menyatakan bahwa FIFA telah memberikan pengesahan atas izin Maarten Paes untuk menjadi pemain naturalisasi dari Belanda ke Indonesia.

Jika kabar ini benar, maka Maarten Paes akan diperbolehkan tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

Meskipun demikian, PSSI hingga saat ini belum memberikan pengumuman resmi terkait izin dari FIFA untuk Maarten Paes membela Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Polsek Gempol Amankan Tiga Pemuda Membawa Sajam, Nih Tampangnya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: