Sejumlah Organisasi Pemuda di Majalengka Jadi Sorotan, Ternyata...

Sejumlah Organisasi Pemuda di Majalengka Jadi Sorotan, Ternyata...

Sebagai bentuk solidaritas, sejumlah pengurus KNPI Kabupaten Majalengka mundur dari jabatan mereka.-Baehaqi-Radar Cirebon

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Sejumlah organinasi pemuda di MAJALENGKA, mendadak jadi perbincangan dan viral di media sosial.

Pasalnya, beredar video sejumlah organisasi pemuda yang memberikan dukungan terhadap salah satu calon Bupati Majalengka.

Video dukungan terhadap Eman Suherman, yang disuarakan oleh sejumlah organisasi kepemudaan di Kabupaten Majalengka itu, menjadi viral.

Video berdurasi 30 detik tersebut menampilkan pernyataan dukungan dari Ketua Pemuda Pancasila, Ketua KNPI, Ketua Karangtaruna, Ketua KONI, dan Ketua FKPPI secara terbuka kepada Eman Suherman, dan hal ini menjadi sorotan publik.

BACA JUGA:Rayakan HUT ke-79 RI, BRI Hadirkan Bazaar UMKM BRILiaN Pada Gelaran BRILiaN Independence Week

Salah satu sorotan datang dari Wakil Ketua DPRD Majalengka, H Asep Eka Mulyana, yang akrab disapa Jipep. 

Ia mengungkapkan, keterlibatan Ketua DPD KNPI Majalengka dianggap telah membawa nama organisasi ke dalam politik praktis, yang dinilai melanggar konstitusi organisasi. 

Menurut Jipep, pernyataan dukungan tersebut tidak layak diumumkan secara publik. 

"Ketua KNPI Majalengka sebaiknya mundur dari jabatannya jika terlibat dalam dukung-mendukung di Pilkada," tegas Jipep kepada wartawan, Senin 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:Mahasiswa IPB Cirebon Juara Lomba News Anchor Tingkat Nasional

Ia menambahkan bahwa Ketua DPD KNPI Majalengka dan jajarannya seharusnya menjaga netralitas, terutama menjelang tahun politik. 

Meskipun pengurus memiliki hak politik secara pribadi, KNPI sebagai organisasi harus tetap netral dan tidak memihak kepada calon atau partai politik manapun.

"Pemuda harus menjadi penyejuk, mewakili pemerintah di tahun politik mendatang. Jika ada yang mencalonkan diri dari partai apa pun, silakan. Namun, secara organisasi, KNPI harus berdiri netral,” papar politisi Partai Golkar ini.

Jipep juga mengingatkan bahwa KNPI bukan sekadar organisasi biasa atau dibentuk untuk kepentingan pribadi, melainkan organisasi yang menaungi berbagai organisasi kepemudaan, termasuk yang berafiliasi dengan partai politik dan ormas lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: