Ada 5 Hal yang Mengerikan Jika Bulan Bergerak Meninggalkan Orbit Bumi

Ada 5 Hal yang Mengerikan Jika Bulan Bergerak Meninggalkan Orbit Bumi

Bulan Bergerak-Foto : media.istockphoto.com-radarcirebon.com

Bulan tentunya memainkan peranan yang sangat penting dalam menjaga stabilitas kemiringan sumbu bumi.

Saat bulan meninggalkan orbit bumi, tentunya sumbu bumi akan mengalami imajiner bumi bahkan bisa sampai mengalami variasi yang lebih besar dalam kemiringannya.

Mungkin saja bumi nantinya bisa memiliki kemiringan lebih dari 45 derajat jika tidak ada bulan. Tanpa bulan, pastinya akan mempengaruhi gravitasi benda-benda langit lain seperti matahari dan planet.

Dengan tidak adanya bulan pastinya akan menghasilkan fluktuasi pada bumi secara liar. Fluktuasi ini dapat berkisar antara 22,1 derajat hingga 85 derajat.

4. Hilangnya Pasang Surut

Bulan sebenarnya memiliki dampak untuk mengatur pola pasang surut air laut.

Salah satu dampak langung yang akan terjadi pada saat bulan bergerak menghilang dari orbit bumi adalah perubahan dramatis pada pola pasang surut air laut.

Tanpa bulan, ombak pasang surut utama akan menghilang, dan hanya tinggal meninggalkan ombak pasang surut kecil yang disisakan yang disebabkan oleh matahari.

Hal ini tentunya akan mengubah ekosistem pesisir dan mempengaruhi kehidupan lautan yang bergantung pada pola pasang surut air laut ini.

5. Perubahan Kecepatan Rotasi

Keadaan bulan tidak hanya saja sekedar mengorbit pada bumi, satelit alami ini tentunya memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan planet kita.

Saat bulan menghilang dari orbit bumi kita, rotasi bumi tentunya akan bergerak melambat secara perlahan.

Hal tersebut sudah diteliti oleh para ilmuwan yang mengungkapkan bahwa 1,4 miliar tahun yang lalu, bulan dan bumi berjarak sangat dekat.

Akibatnya, planet kita ini akan berputar menjadi sangat cepat, walaupun hanya dalam waktu 1 hari hanya berlangsung selama 18 jam.

Apabila bulan bergerak menghilang dari bumi, maka tentunya waktu siang dan malam akan menjadi lebih panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: