Presiden Jokowi Akan Lantik Wali Kota Pasuruan Gus Ipul Jadi Menteri Sosial Hari Ini

Presiden Jokowi Akan Lantik Wali Kota Pasuruan Gus Ipul Jadi Menteri Sosial Hari Ini

Wali Kota Pasuruan dan juga Sekjen PBNU Saefullah Yusuf atau Gus Ipul dilantik jadi Menteri Sosial rencananya hari ini, Rabu 11 September 2024.-@gusipul_id-Instagram

Perlu diketahui, Gus Ipul merupakan pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 28 Agustus 1964 ini sejak muda sudah menjadi aktivis Nahdlatul Ulama (NU). 

Selain sempat menjadi asisten pribadi KH Abdurahman Wahid (Gus Dur), yang juga pamannya sendiri, Gus Ipul pernah jadi Ketua Umum GP Anshor selama dua periode.

Gus Ipul mengawali karirnya politiknya sebagai anggota DPR pada 1999-2001. Saat itu ia masih jadi kader PDI Perjuangan. Kemudian keluar partai berlambang banteng itu dan bergabung dengan PKB.

BACA JUGA:Indonesia vs Australia Berakhir Tanpa Gol, Maarten Paes Kembali Selamatkan Gawang Skuad Garuda

Di PKB, Gus Ipul pernah menduduki jabatan strategis yakni Sekretaris Jenderal PKB pada 2002.

Karirnya kemudian berlanjut ke tingkat eksekutif. Cicit pendiri NU, KH Bisri Syamsuri, itu diangkat menjadi Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada 2004.

Namun, saat Gus Ipul menjabat, ia di-reshuffle pada Mei 2007. Pencopotan dirinya dikaitkan dengan konflik di dalam tubuh PKB. 

Tahun 2008 ia bersama Sokarwo maju di Pilkada Jatim dan menang. Sukses di periode pertama, Pakde Karwo - Gus Ipul mengulangi keberhasilnya di Pilkada Jatim 2014. Keduanya lalu langgeng memimpin Jatim hingga akhir periode 2014-2019.

BACA JUGA:Ada Hal yang Bisa Dilakukan Orang Tua Saat Anak Belum Dapat Vaksin Imunisasi

Di sela itu, pada tahun 2018, Gus Ipul juga sempat maju sebagai calon gubernur Jawa Timur bersama Puti Guntur Soekarno, pada Pilkada 2018 lalu. Namun ia kalah dari Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak.

Usai gagal di Pilkada Jatim, nama Gus Ipul kini kembali muncul dalam pencalonannya sebagai calon Wali Kota Pasuruan, pada Pilkada 2020 lalu dan terpilih.

Sebentar lagi Gus Ipul akan kembali menjabat sebagai Menteri di kabinet Indonesia Maju jilid 2. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase