Ternyata Mengonsumsi Nasi Hangat dapat Memicu Naiknya Kada Gula Darah

Ternyata Mengonsumsi Nasi Hangat dapat Memicu Naiknya Kada Gula Darah

Nasi Hangat-Foto : cnnindonesia.com-radarcirebon.com

Namun karena nasi merah memiliki tekstur dan bentuk yang kurang pulen dan memiliki rasa yang hambar, kebanyakan orang tetap memilih nasih putih.

BACA JUGA:Akhirnya Terjawab! Investor Asing Tanam Modal Rp1,15 Triliun di IKN, Mulai dari China Hingga Rusia

Mengkonsumsi nasi putih sebenarnya masih aman selama tidak berlebihan saja porsinnya.

Nasi dingin dan Nasi Hangat mana yang lebih menyehatkan

Sudah jadi kepercayaan umum di masyarakat jika mengkonsumsi nasi yang dingin jauh lebih menyehatkan daripada nasi yang hangat.

Begini penjelasan dan hasil penelitian dari para ahli.

Sekelompok peneliti dari negara Polandia, tepatnya dari Universitas Poznan of medical Sciences melakukan penelitian yang melibatkan 32 pasien diabetes tipe 1.

Kemudian para partisipan yang sama-sama menderita diabetes tipe 1 itu dibentuk menjadi dua kelompok dan diberi asupan nasi dalam keadaan yang berbeda.

Kelompok pertama penderita diabetes tipe 1 diberikan nasi putih long grain sebanyak 46 gram dan para partisipan itu dipersilahkan untuk menkonsumsi nasi tersebut dalam keadaan yang masih hangat.

BACA JUGA:Mengonsumsi Gula Berlebihan dapat Memicu Penumpukan Lemak di Bagian Organ Vital

Sementara kelompok lainnya yang sama-sama menderita diabetes tipe 1 diberikan nasi putih dengan jumlah dan jenis yang sama hanya saja dalam kondisi yang telah didinginkann selama 24 jam di dalam kulkas.

Ditemukan bahwa partisipan yang menderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi nasi yang telah didinginkan di dalam kulkas mengalami pengaruh pada kadar gula darahnnya.

Gula darah partisipan tersebut cenderung lebih stabil apalagi mengingat bahwa mereka itu ada orang yang sama-sama menderita diabetes tipe 1.

Sementara partisipan lainnya yang mengkonsumsi nasi yang dalam keadaan hangat karena baru matang cenderung mengalami lonjakan gula darah.

BACA JUGA:Pasangan BERES Janjikan Anggaran Infrastruktur 5 Persen dari APBD

Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa nasi yang didinginkan jauh lebih menyehatkan daripada nasi yang hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: