Fitur Bank Sampah pada Aplikasi Sapawarga Dukung Pengelolaan Sampah di Jawa Barat

Fitur Bank Sampah pada Aplikasi Sapawarga Dukung Pengelolaan Sampah di Jawa Barat

Fitur Bank Sampah pada Aplikasi Sapawarga Dukung Pengelolaan Sampah di Jawa Barat -istimewa-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar IKP Talks #13 Tahun 2024 dengan tema “SampahKita: Wujudkan Lingkungan Sehat Mulai dari Pilah Sampah”.

Acara ini dihadiri para petugas kehumasan perangkat daerah di lingkungan Pemdaprov Jabar dan kabupaten kota, ketua beserta anggota Tim Penggerak PKK, ketua dan anggota Dharma Wanita Persatuan se-Jabar, para Kepala Desa dan Lurah se-Bandung Raya, yang diharapkan menjadi agen perubahan dalam menyebarkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan sampah dan lingkungan yang bersih, yang akan berdampak positif pada kesehatan dan kenyamanan hidup.

Dalam IKP Talks #13 kali ini, yang digelar pada Rabu (9/10/2024), menghadirkan sejumlah pemateri, yakni Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Dodit Ardian Pancapana yang memberikan keynote speech, Lead Business Analyst dari Jabar Digital Service (JDS) Rizki Adam Kurniawan, dan CEO Plastavfall Bank Reza Ramadhan Tarik.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah mengatakan, sampah telah menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar di dunia, termasuk Indonesia bahkan Jawa Barat.

BACA JUGA:PKB Tunjuk Hasan Basori jadi Pimpinan DPRD, 4 Capim Diumumkan

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), total volume sampah di Jabar pada 2022 sebesar 4,89 juta ton, menjadikannya sebagai salah satu provinsi dengan timbulan sampah terbesar ke-3 di Indonesia.

"Jawa Barat menghasilkan rata-rata 13,41 ribu ton sampah setiap hari sepanjang tahun 2022,” ucap Ika.

Menurut Ika, hanya sebagian kecil sampah yang diolah dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan langkah nyata semua pihak untuk mengatasi masalah ini, mulai dari memilah, menyetorkan sampah terpilah ke bank sampah, dan mengakses fitur SampahKita.

Ika menjelaskan, Pemdaprov Jabar memiliki fitur aplikasi Bank Sampah yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sampah dari hulu (sumber sampah) sampai hilir (Tempat Pembuangan Akhir), mengurangi dampak lingkungan, meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

BACA JUGA:Final, PKB Tunjuk Hasan Basori jadi Pimpinan DPRD, Empat Capim DPRD Diumumkan Hari Ini

“Tujuannya antara lain memberikan kemudahan bagi warga untuk mendapatkan akses informasi pengelolaan sampah, meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah,” papar Ika.

Ia menambahkan bahwa fitur Bank Sampah sudah disematkan di aplikasi Sapawarga yang merupakan Jabar SuperApps, platform yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, layanan serta menyampaikan aspirasi.

“Sapawarga saat ini sudah diakses oleh 2.914.981 pengguna dengan jumlah pengguna aktif harian sebanyak 90.211 (data diambil pada 4 Oktober 2024) dan akan terus bertambah,” ujarnya.

Pasca dirilis pada 9 September 2024 sampai tanggal 7 Oktober 2024, fitur Bank Sampah sudah mencapai 9.144 kali diakses oleh 7.505 pengguna.

BACA JUGA:Anggota DPRD Jabar dan Tokoh Pemuda Siap Menangkan Paslon Beriman di Pilkada Kabupaten Cirebon 2024

Diharapkan setelah acara IKP Talks#13 selesai terus bertambah dan yang paling penting membawa kebermanfaatan, khususnya untuk warga Jabar dalam hal pengelolaan sampah.

Ika menuturkan, melalui fitur Bank Sampah, pengguna dapat menemukan lokasi dan jumlah bank sampah di sekitarnya.

"Pengguna juga dapat mengakses info lengkap mengenai jenis dan harga sampah yang dapat ditukarkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Lead Business Analyst dari Jabar Digital Service (JDS) Rizki Adam Kurniawan mengatakan bahwa fitur mengenai informasi pengolahan sampah sudah dirancang sejak awal tahun.

BACA JUGA:Strategi Ahmad Syaikhu Atasi Stunting, Beri Makanan Bergizi dan Telur ASIH

"Untuk program ini kita kolaborasi dengan dinas lain serta Tim Satgas Pengolahan Sampah baik yang ada di provinsi maupun kota kabupaten yang ada di Bandung Raya," ucap Rizki.

Menurut Rizki, dengan fitur ini masyarakat bisa mengetahui informasi bank sampah terdekat,  harga, jadwal pengambilan sampah.

"Tentunya ini memudahkan masyarakat, dan perlu jejaring di daerah," katanya.

Tanggung jawab bersama

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jabar Viky Edya Martina menambahkan bahwa pengelolaan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau lembaga terkait, tetapi juga menjadi kewajiban semua warga.

BACA JUGA:Ahmad Syaikhu Janji Lanjutkan Program Aher di Depan Pimpinan Ponpes se-Jabar

‘Sampah adalah masalah yang sangat nyata, jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak pada kesehatan, kelestarian lingkungan, dan kualitas hidup kita,” ucap Viky.

“Fitur Bank Sampah di aplikasi kebanggaan Jawa Barat, yaitu Sapawarga telah hadir sebagai salah satu solusi untuk membantu kita semua terkait pengelolaan sampah, terutama dalam hal pemilahan sampah sejak dari sumbernya.

"Dengan memanfaatkan teknologi dan keterlibatan warga, gerakan memilah sampah dapat dilakukan secara masif dan terorganisir,” ujar Viky.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Dodit Ardian Pancapana memaparkan bahwa setiap orang per hari rata-rata menghasilkan sampah 2,5 liter (l), dimana orang dengan tingkat kemampuan ekonomi lebih tinggi (6 l/orang/hari) menghasilkan sampah lebih banyak dibanding orang dengan tingkat kemampuan ekonomi lebih rendah (3 l/orang/hari).

BACA JUGA:Semakin Jadi Pusat Perhatian, XSR 155 Riders Union Meriahkan Gelaran Kustomfest 2024

Sampah di perumahan pada hari libur (3 l/orang/hari) juga lebih banyak dibanding hari biasa (2,5 l/orang/hari).

Menurut Dodit, berbagai permasalahan sampah di kawasan Bandung Raya, di antaranya terkait aspek perilaku menyangkut kesadaran dalam mengurangi, memilah dan mengolah sampah dari sumbernya secara bertanggung jawab.

Kemudian internalisasi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atau mengurangi, menggunakan ulang, dan mendaur ulang sampah yang kurang efektif dan terpadu, termasuk aspek regulasi, kelembagaan dan penganggaran terhadap prinsip 3R.

“Pelarangan sampah organik masuk ke TTPAS (Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah) Sarimukti juga belum efektif, dimana kabupaten kota di kawasan Bandung Raya masih mengirim sampah organik ke Sarimukti,” ungkapnya.

BACA JUGA:Siap-siap! Balita di Kota Cirebon akan Disurvei oleh BPS, Segini Jumlah Blok Sensusnya

Dodit memaparkan, berbagai upaya telah dilakukan Pemdaprov Jabar untuk menangani permasalahan sampah menyusul telah penuhnya kapasitas TPPAS Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat.

“Ada komitmen bersama penanganan sampah terpadu di Bandung Raya yang melibatkan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya melakukan skema zero waste pengolahan sampah pada kawasan perkantoran Gedung Sate serta di kantor-kantor OPD di lingkungan Pemdaprov Jabar.

“Kami melakukan pengelolaan sampah mandiri di perkantoran Gedung Sate, mulai dari tempat sampah yang dibagi tiga jenis sampah hingga mengolah sampah organik untuk kemudian dijadikan pupuk,” pungkas Dodit.  

BACA JUGA:Ketua DPRD Kota Cirebon Sepakat dengan Pandangan Prabu Diaz: Jaga Kondusifitas dan Persatuan

Hal senada dikatakan CEO Plastavfall Bank Reza Ramadhan Tarik. Menurutnya, pemilahan diperlukan karena sampah di TPA tidak terolah dengan baik. Masih banyak sampah residu seperti wadah makanan dari  plastik serta botol  yang masuk ke TPA.

"Karenanya kurangi sampah-sampah tersebut dengan kita membawa tempat makan atau minum sendiri yang bisa digunakan cukup lama," paparnya.

"Kita menerima sampah-sampah residu seperti botol plastik, kresek, botol kaca , minyak jelantah hingga bahan- bahan dari logam," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: