Aplikasi Posyandikamla Resmi Diluncurkan. Ini Tujuannya

Aplikasi Posyandikamla Resmi Diluncurkan. Ini Tujuannya

Bakamla RI meluncurkan aplikasi layanan digital Posyandikamla, Kamis (10/10/2024).-Humas Bakamla RI-radarcirebon.com

BEKASI, RADARCIREBON.COM -Mendukung misi dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) meluncurkan aplikasi layanan digital terbaru.

aplikasi layanan digital terbaru tersebut yakni Pos Pelayanan Data Indeks Keamanan Laut Nasional (Posyandikamla) dan secara resmi memperkenalkan aplikasi Posyandikamla tersebut  kepada publik.

Kegiatan peluncuran tersebut berlangsung  di salah satu hotel wilayah BEKASI, Kamis (10/10/2024) dipimpin langsung Direktur Litbang Bakamla RI Laksamana Pertama (Laksma) Budi Santosa.

"Platform ini merupakan lompatan besar dalam pengelolaan dan penyediaan data keamanan laut yang penting. aplikasi Posyandikamla memungkinkan informasi yang real-time, akurat, dan mudah diakses, yang sangat penting dalam pengambilan keputusan serta peningkatan keamanan laut,"ungkap Laksma Bakamla Budi Santosa.

BACA JUGA:Seorang Pria Hilang di Hutan Batu Baok, Kelurahan Sumber Cirebon

Jenderal bintang satu ini menjelaskan, Posyandikamla hadir sebagai solusi atas kebutuhan pengelolaan data Indeks Keamanan Laut Nasional (IKLN) yang lebih sistematis, transparan, dan efisien.

"Sebelumnya, pengumpulan dan validasi data IKLN dilakukan secara manual melalui diskusi kelompok terarah (FGD), yang dianggap masih kurang efisien. Dengan aplikasi baru ini, Bakamla RI bertujuan mempercepat proses pengelolaan dan distribusi data, sehingga data dapat dikelola dan disebarluaskan dengan lebih cepat dan akurat,"jelasnya.

Tidak hanya sebagai inovasi teknologi, menurut Laksma Bakamla Budi Santosa, Posyandikamla juga berperan penting dalam mendukung misi Bakamla RI untuk menjaga kedaulatan maritim Indonesia serta memperkuat posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Aplikasi ini sejalan dengan visi Bakamla RI untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan laut melalui layanan yang profesional dan terpercaya, yang merupakan bagian integral dari strategi keamanan nasional,"ujarnya.

BACA JUGA:Suhendrik Salut dengan Desain Baru Masjid As Salam

Dijelaskan Dia, Posyandikamla merupakan hasil dari proses pengembangan intensif yang dipimpin Kolonel Bakamla Tuti Ida Halida sebagai bagian dari proyek Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II LAN RI 2024.

"Setelah peluncuran, Bakamla RI berencana mengintegrasikan Posyandikamla dengan Pusat Komando dan Pengendalian Bakamla (IMIC) serta pusat layanan panggilan (Call Centre) Bakamla RI untuk memastikan bahwa platform ini menyediakan layanan yang lebih komprehensif kepada seluruh penggunanya yang dapat diakses secara digital atau online melalui www.posyandikamla.bakamla.go.id,"pungkasnya (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: