Pasar Lesu, Mazda Tetap Optimis
JAKARTA – PT Mazda Motor Indonesia (MMI) meluncurkan dua produk terbarunya, New Mazda CX-5 (SUV) dan New Mazda6 (sedan) di Jakarta, kemarin. Keduanya sebagai upaya peningkatan penjualan tahunan Mazda tahun ini yang ditargetkan mencapai 10 ribu unit atau naik sekitar 10 persen dibandingkan 2014 lalu. Kedua produk unggulan Mazda tersebut kini hadir dengan menerapkan beberapa perubahan di dalam empat komponen utama termasuk tampilan desain eksterior yang memukau, penyegaran tampilan interior dan peningkatan dari sisi fungsionalitas, kualitas pengalaman berkendara yang lebih dinamis, serta evolusi dari fitur i-ACTIVSENSE. “Keduanya untuk mempertahankan penjualan. Target untuk Mazda CX-5 tetap di angka 300 unit sebulan dan Mazda6 sebanyak 10 unit per bulan. Kondisi market belum bagus, jadi kita tak berani pasang target lebih dari tahun lalu,” kata Haryanto Djayaputra, Senior Sales Manager MMI saat peluncuran New Mazda CX-5 dan New Mazda6. Terhitung hingga Maret, MMI telah mencapai penjualan 2.400 unit lebih. Pihaknya, lanjut Haryanto, tetap berharap penjualan kedua produk ini khususnya CX-5 bisa lebih baik, sehingga bisa mencapai total target penjualan MMI. Sebelumnya, Mazda 6 memiliki market share 3 persen dan CX-5 sebesar 35 perse dari total penjualan MMI. Sedangkan di pasar SUV nasional, CX-5 punya market share 20-25 persen dan Mazda6 sekitar 2 persen. “Kondisi pasar kendaraan sedan tak besar karena karakter market Indonesia. Kita berani memasarkannya, karena dilakukan refreshment. Ini masuk niche market yang ditujukan untuk pasar tertentu,” jelasnya. Keizo Okue, President Director MMI mengatakan, lesunya ekonomi sehingga mempengaruhi pasar otomotif bukan menjadi alasan MMI tak mengeluarkan mobil baru. Sebaliknya, dengan dikeluarkan kedua produk tersebut oleh Mazda untuk mempertahankan kualitas dan eksistensi brands Mazda dan juga kehadiran kedua mobil ini sebagai produk terkemuka. “Justru lesunya pasar ini membuat kami harus bisa bangkit dan tidak menyerah. Strategi bisnis kami dengan tetap menawarkan produk baru pada masyarakat,” katanya. Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager MMI menambahkan, sejak 2013-2014 CX-5 menjadi salah satu pilihan favorit di Indonesia dengan penjualan 7.146 unit. Sedangkan Mazda 6 mencapai penjualan 564 unit dalam periode dua tahun tersebut. Harga Mazda CX-5, untuk 2.0L Sport Rp403,2 juta, 2.5L Urban Rp440,3 juta, 2.5L Tourng 460,3 juta dan Grand Touring Rp490,4 juta. Sedangkan Mazda6 Rp600,7 juta. (kyd/rls)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: