Pasokan Air Bersih Tersendat

Pasokan Air Bersih Tersendat

PDAM Cabang Kandanghaur Kesulitan Dapat Air Baku KANDANGHAUR- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Ayu Cabang Kandanghaur, masih kesulitan mendapatkan pasokan air baku secara kontinyu. Akibatnya pelayanan terhadap ribuan pelanggannya tergangggu sehingga membuat pasokan air bersih tersendat. Saat ini PDAM Kandanghaur hanya bisa menerima air baku dua minggu sekali setiap satu bulan, karena dilakukan bergiliran dengan kebutuhan petani. Air baku yang disuplay dari Perusahaan Jasa Tirta II melalui saluran sekunder BK 12 Kandanghaur tersebut diterima hanya selama tujuh hari dalam dua pekan. Kepala PDAM TDA Indramayu H Tatang Sutardi SSos, melalui Kepala Cabang PDAM Kandanghaur Agus Suprihartono SSos mengatakan, dari 7.100 pelanggan di wilayah Kandanghaur, sebanyak 5.000 pelanggan tidak bisa mendapatkan air bersih secara kontinu. Kondisi tersebut sudah berjaan selama dua bulan setengah. “Sementara sisanya sebanyak 2.100 pelanggan masih bisa mendapatkan air bersih, karena dibantu dari PDAM unit Anjatan, melalui instalasi yang ada di Bongas. Meski demikian, saat ini mayoritas pelanggan sudah memaklumi kondisi seperti ini. Mereka tahu, akibat kemarau panjang,” kata Agus, kepada Radar, Jumat (11/9). Agus menambahkan, tersendatnya pendistrubusian air bersih (pelayanan, red) kepada pelanggan secara otomatis pendapatan dari penjualan air bersih mengalami penurunan drastis. “Penurunannya mencapai sekitar 60 persen. Kita dihadapkan pada kemarau panjang dan menurut perkiraan BMKG musim hujan baru akan datang bulan November atau Desember,” bebernya. Sebagai upaya agar pelanggan bisa merasakan biar bersih, meskipun tidak optimal, pihaknya menggerakan mobil tangki. Kendaraan tersebut setiap hari keliling untuk membantu pelanggannya mendapatkan air bersih. “ Kami bergerak, terlebih lagi ada pelanggan yang minta dikirim air bersih,” ujarnya. (kom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: