Kasus DBD Terus Bertambah, 4 Pasien Meninggal

Kasus DBD Terus Bertambah, 4 Pasien Meninggal

KUNINGAN - Kasus pasien demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Kuningan terus bertambah. Tercatat selama Januari 2016 jumlah kasus DBD sudah mencapai 100 pasien dengan empat di antaranya meninggal dunia.

Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kuningan Dedik Purnaman membenarkan peningkatan tersebut dibanding data pertengahan Januari lalu yang hanya ada 40 kasus dengan dua di antaranya meninggal dunia. Disebutkan, kasus DBD nyaris terjadi di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan, kecuali Kecamatan Subang yang hingga saat ini masih nihil.

\"Meski jumlah kasus DBD terus bertambah dan terjadi di hampir semua kecamatan, namun belum dinyatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena jika dibandingkan denga periode yang sama tahun lalu jumlahnya tidak terlalu jauh, hanya angka meninggalnya saja yang sekarang lebih banyak,\" ujar Dedik saat meninjau pasien DBD di RS Wijaya Kusuma, Selasa (2/2).

Meski demikian, lanjut Dedik, pihaknya tak henti-henti melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan nyamuk aedes aegypti di seluruh wilayah Kuningan baik dengan melaksanakan fogging, abatesasi hingga penyuluhan dan pengerahan warga terkait pola hidup bersih. Seperti yang dilaksanakan hari ini adalah fogging di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur.

\"Tetap yang paling utama dalam memberantas penyakit DBD adalah kesadaran masyarakat menjalankan pola hidup bersih. Salah satunya dengan melakulan 3 Mplus yaitu Menutup, Menguras dan Mendaurulang plus segala kegiatan yang dapat mengusir keberadaan nyamuk DBD seperti tidak membiarkan pakaian menggantung di kamar dan sebagainya,\" pungkas Dedik. (taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: